Kamis, 10 Rajab 1444 H / 2 Februari 2023

Bagaimana Bangkit dari Kebangkrutan

Ass. Wr. Wb

Saya dahulu menjalankan usaha di bidang komputer dan cellulaer akan tetapi di tengah perjalanan usaha saya, saya di tipu teman sampai kerugian 32jt padahal itu uang pinjaman dari bank, mulai saat itulah usaha saya mulai gak berjalan dan akhirnya bangkrut dengan menyisahkan hutang. Mohon saran bagaimana mengatasi masalah saya ini.Jzkallah

Wa’alaikum salam wr wb.

Saudara Iza yang saya hormati, merupakan problematika yang umum terjadi di dunia usaha bilamana terjadinya sebuah keuntungan dan juga kerugian terkadang menyertai dalam setiap kegiatannya.

Usaha yang bangkrut seperti yang Anda alami, merupakan hal yang juga terjadi pada banyak orang lain di sekitar kita. Hanya saja mungkin mereka dapat mengatasinya atau juga tingkat kerugiannhya berbeda dengan kita, bisa lebih rendah ataupun lebih tinggi dari apa yang kita alami.

Pernahkah Anda membaca biografi para pengusaha sukses? Dan tahukah Anda berapakali mereka harus jatuh bangun dalam merintis usahanya yang akhirnya menjadi perusahaan yang besar? Dan bila kita amati perjalanan usaha mereka adalah bahwa mereka dapat berhasil karena mereka dapat bangkit dari kegagalannya. Bangkit dengan mengambil pelajaran dari kegagalan yang lalu serta tekun untuk terus melanjutkan usahanya.

Sangat dapat dipahami bahwa Anda mempunyai beban berat untuk dapat melunasi pinjaman yang diperoleh dari Bank dengan segala konsekuensinya. Namun jadikan hal ini sebagai ”ongkos belajar” Anda dalam berusaha. Biayauntuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang sangat berharga untuk Anda dapatkan sebagai bahan yang sanagat berguna di saat Anda untuk kembali melangkah memulai usaha dengan lebih baik.

Ketahuilah pula bahwa kegagalan dan keberhasilan bukanlah yang penting dari sebuah alur perjalannan. Yang terpenting adalah proses yang konsisten untuk terus melangkah menuju keberhasilan yang lebih baik dan lebih baik lagi. Teruslah berusaha dengan menatap ke depan akan keberhasilan yang kita raih dengan menggali kegagalan yang lalu sebagai pengalaman untuk dapat menjadi yang lebih baik.

Tidak masalah kita memulai dari awal kembali. Bukan merupakan hal yang buruk bila kita merintis dari kecil kembali. Dana yang terbatas dan tempat usaha yang kecil bukan halangan untuk kita kembali tampil di dunia usaha. Karena yang terpenting adalah kita harus selalu menjaga dan mempunyai semangat dan keinginan untuk berusaha. Semangat yang tidak kendur dan lekang oleh hambatan dan kegagalan, laksana kapal laut yang terus melaju mengarungi samudera luas walaupun harus terus menerus dihantam badai dan ombak yang selalu menerjangnya.

Semoga bermanfaat

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Menunda Pekerjaan Hingga Deadline

Kamis, 03/07/2008 06:33

Saya Merasa Tidak Dihargai

Rabu, 02/07/2008 05:36

Saya Harus di Rumah atau Kerja

Senin, 30/06/2008 02:59

Bingung Jika Jodoh Lewat Internet

Sabtu, 21/06/2008 07:52

Harus Kah Dinikahkan?

Selasa, 17/06/2008 18:24

Kurang Percaya Diri

Senin, 16/06/2008 05:37

Antara Sekolah dan Belajar Agama

Jumat, 13/06/2008 05:33

Konsultasi Motivasi Lainnya

Trending