Sabtu, 12 Rajab 1444 H / 4 Februari 2023

Bagaimana Mengatur Waktu yang Efektif?

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Sebagaimana kita ketahui, kesuksesan salah satunya ditentukan oleh time managementyangbaik. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana carayangefektif utk mengatur waktu. Terima kasih sebelumnya. Wassalamu’alaiku Wr. Wb.

Bapak putra zaman yang saya hormati, secara praktis untuk dapat mengatur waktu secara efektif, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Tahapan tersebut adalah: Membuat Misi, Menentukan Peran, Membuat Visi Peran, Membuat Rencana Pekanan dan Membuat Rencana Harian

Semua tahapan tersebut sebaiknya dipelajari dan dipraktekkan dengan sungguh-sungguh. Sebab masing-masing tahapan tersebut saling melengkapi dan saling menguatkan satu sama lain. Buatlah kalimat misi dalam KISS (Keep It Short and Simple) dengan mengandung unsur-unsur dari pertanyaan Siapa saya? Mengapa saya ada? Apa keunggulan/kelebihan yang saya miliki? Untuk siapa saya bekerja? Apa hasil./produk dari pekerjaan saya? Di mana saya mengerjakannya?

Selanjutnya tentukan peran. Inventaris peran-peran Anda selama ini. Setiap orang akan berbeda dalam menginventarisir jumlah perannya. Tidak ada patokan yang khusus untuk mengklasifikasikan peran. Lalu seleksilah peran-peran itu yang sesuai dengan misi yang telah Anda buat.serta kelompokan setiap peran yang sejenis.

Mulailah membuat visi peran. Visi adalah cita-cita dan harapan tentang masa depan Anda sendiri. Anda akan bergairah mencapai visi Anda, jika visi sesuai dengan misi hidup Anda. Pada saat itu visi berubah menjadi motivator yang begitu kuat, yang pada gilirannya menjadi “pembakar” semangat Anda. Adapun visi yang baik adalah visi yang bercirikan: Terukur, Fleksibel, Terjangkau, Menarik, Jelas dan Singkat

Jabarkan visi dan misi Anda di atas dalam bentuk rencana pekanan dan rencana harian. Buatlah lembar waktu pekanan dan harian. Lembar waktu yang berfungsi sebagai pengingat tugas-tugas yang akan dikerjakan.

Adapun langkah-langkah yang perlu Anda lakukan dalam membuat Lembar Waktu Harian adalah dengan mengacu pada Lembar Waktu Pekanan, jabarkan lebih lanjut apa yang akan Anda kerjakan hari ini.

Tulis sedetail mungkin. Jangan terlalu global. Tulis perkiraan waktu untuk mengerjakannya. Perkirakan waktu secara maksimal, bukan minimal. Misalnya, jika Anda pergi ke tempat klien, masukkan juga lama waktu berangkat dan pulang dari tempat klien, bukan hanya waktu berapa lama Anda bertemu klien.

Urut-urutkan pekerjaan Anda pada hari ini dengan cara memberi nomor urut. Jika masih ada waktu luang dalam Lembar Waktu Harian Anda, biarkan itu kosong untuk memberi peluang melakukan aktivitas mendadak dan spontan.

Isi Lembar Waktu Harian Anda setiap hari (waktu yang dianjurkan adalah malam hari sebelum tidur atau pagi hari sebelum bekerja).

Evaluasi Lembar Waktu Harian setiap hari. Evaluasi mana yang berhasil dikerjakan dan mana yang luput dikerjakan. Evaluasi mengapa Anda luput mengerjakannya. Kemudian isi Lembar Waktu Harian untuk hari esok berdasarkan evaluasi hari kemaren. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk mengisi Lembar Waktu Harian hanya 10 menit.

Luangkan waktu Anda untuk mengisinya. Karena hal itu akan mengarahkan Anda kepada pencapaian visi peran Anda secara berangsur-angsur.

Semoga bermanfaat.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Tahfidz Qur'an

Kamis, 13/09/2007 04:09

FITRAH CINTA

Rabu, 12/09/2007 05:34

Menentukan Tujuan Masa Depan

Selasa, 11/09/2007 05:29

Kembali Bangkit dari Keterpurukan

Jumat, 07/09/2007 05:30

Banyak Hutang Tapi Ingin Nikah

Rabu, 05/09/2007 05:31

Pencapaian Target

Selasa, 04/09/2007 04:53

Konsultasi Motivasi Lainnya

Trending