Senin, 3 Zulhijjah 1443 H / 4 Juli 2022

Berhenti Bekerja atau Tidak?

Ass. ustadz.. saya mau bertanya tentang saya mau berhenti bekerja sebagai seorang PNS tetapi hal tersebuttdk disetujuioleh orang tua yang juga sebagai seorang PNS. sedangkan menurut saya, saya tidak akan berhasil dalam hidup saya dikarenakan saya hanya sbgai seorg pekerja dan uang yang saya hasilkan dari bkerja sbagai se org PNS tidak akan halal. padahal sy sudah memiliki usaha kecil2-an dan alhamdulillah hasilnya jauh lebih baik dr sy bekerja. tetapi tetap sja org tua sya menekankan sy harus tetap bekerja dan usaha itu hanya utk sampingan. pdahal itu bertantangn dg hati nurani sya. mohon bantuannya agar sya bisa menjelaskan kpd org tua sya bahwa usaha itu jauh lbih baik drpd sya bekerja, agar sya tidak mengecewakan kedua orang tua sya. trmakasih

Saudaraku yang disayangi Allah SWT, sebelumnya Anda terlebih dahulu harus mensyukuri apa yang telah Anda dapatkan karena tidak semua orang mempunyai kesempatan untuk bisa bekerja sebagai PNS. Pekerjaan sebagai PNS juga tidak terlalu buruk, walaupun mungkin hasil dari pekerjaan tersebut tidak lebih baik jika dibandingkan dengan pekerjaan Anda di luar PNS. Jika anda menganggap bahwa hasil dari bekerja sebagai PNS tidak halal, itu merupakan pemikiran yang kurang tepat. Bekerja sebagai PNS adalah pekerjaan yang mulia karena kita mengabdikan diri kepada negara dan rakyat, walaupun mungkin dalam perjalanannya pasti banyak sekali godaan. Hal tersebut adalah tantangan dan semestinya Anda harus menghadapinya, bukannya menghindar. Anda harus bisa membedakan rejeki apa yang menjadi hak Anda dan rejeki apa yang tidak. Dengan begitu Anda tidak akan merasa bahwa Anda memakan rejeki yang tidak halal.

Sesungguhnya setiap orang tua pasti menginginkan apa yang terbaik bagi anaknya, begitu juga orang tua anda. Dan sebagi seorang anak, kita harus menuruti perintah orang tua asalkan tidak bertentangan dengan agama. Dalam Al-Quran, Allah SWT juga telah mengatur kewajiban kita untuk mematuhi orangtua dan berbuat baik kepadanya. Berikut adalah sebagian dari ayat-ayat tersebut:

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan.” (QS. Al Isra’ : 24)
Yaitu: “Jangan sampai mereka berdua tidak ditaati sedikitpun”. (Ad Darul Mantsur 5/259)

“Sembahlah Allah dan jangan kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua Ibu Bapak”. (An Nisa’ : 36)
Dalam ayat ini (berbuat baik kepada Ibu Bapak) merupakan perintah, dan perintah disini menunjukkan kewajiban, khususnya, karena terletak setelah perintah untuk beribadah dan meng-Esa-kan (tidak mempersekutukan) Allah, serta tidak didapatinya perubahan (kalimat dalam ayat tersebut) dari perintah ini. (Al Adaabusy Syar’iyyah 1/434)

Selain itu terdapat hadits yang menjelasakan tentang keutamaan berbakti kepada orang tua.

Dari Abdullah bin Mas’ud mudah-mudahan Allah meridhoinya dia berkata : Saya bertanya kepada Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam: Apakah amalan yang paling dicintai oleh Allah?, Bersabda Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam: “Sholat tepat pada waktunya”, Saya bertanya : Kemudian apa lagi?, Bersabada Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam “Berbuat baik kepada kedua orang tua”. Saya bertanya lagi : Lalu apa lagi?, Maka Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda : “Berjihad di jalan Allah”.
(Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dalam Shahih keduanya).

“Keridhoan Allah ada pada keridhoan kedua orang tua dan kemurkaan-Nya ada pada kemurkaan kedua orang tua”.

Dari ayat dan hadits diatas dapat disimpulkan bahwa kita harus menaati perintah orangtua karena keridhoan Allah ada pada keridhoan kedua orang tua. Bahkan dijelaskan bahwa berbuat baik kepada orang tua merupakan amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT setelah sholat tepat waktu.

Solusi dari saya adalah bekerjalah tetap sebagai PNS sesuai dengan keinginan orang tua Anda dan syukurilah pekerjan Anda yang sekarang. Jika Anda juga bekerja di luar PNS, itu juga bagus karena ada tambahan penghasilan dari pekerjaan Anda tersebut asalkan tidak mengabaikan pekerjaan utama Anda sebagai PNS. Namun yang perlu diingat adalah jika Anda sukses pada kedua pekerjaan itu, maka katakan kepada kepada orang tua bahwa Anda sukses karena menuruti perintah orang tua walaupun mungkin pekerjaan Anda di luar PNS jauh lebih sukses daripada pekerjaan anda sebagai PNS. Namun jika pekerjaan Anda diluar PNS gagal maka bersyukurlah karena orangtua Anda telah memberikan pilihan yang terbaik bagi anda.

Terima kasih semoga apa yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat bagi anda.

Salam Berkah !

(Satria Hadi Lubis)

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Rekomendasi

10 Wasiat Allah untuk Manusia

Kamis, 15/10/2009 12:23

Kematian Sebagai Nasihat

Rabu, 13/08/2008 10:13

Poligami, Sebuah Renungan Buat Kita

Rabu, 24/02/2010 14:09

Bersin Dan Pilek Terus Menerus

Jumat, 20/11/2009 13:51

Pekerja Anak Menurut Hukum Islam

Kamis, 10/09/2009 10:59

Arab, Islam, dan Jihad Gaza

Senin, 05/01/2009 14:36

Tundukanlah Pandanganmu!

Sabtu, 21/06/2014 08:10

Baca Juga

Wanita Dijodohkan

Sabtu, 17/10/2009 11:05

Perencanaan Hidup

Jumat, 16/10/2009 11:30

Sadaqoh

Rabu, 14/10/2009 14:53

Masa Depan Ana

Rabu, 14/10/2009 09:51

Kerja Dan Ilmu

Selasa, 13/10/2009 16:13

Sulit Bersosialisasi Dengan Wanita

Selasa, 13/10/2009 15:35

Konsultasi Motivasi Lainnya

Trending