Selasa, 17 Muharram 1444 H / 16 Agustus 2022

Gagap Berbicara

Saya seorang mahasiswa yang kini aktif dalam oragnisasi kemahasiswaan. Masalah yang saya hadapi adalah terkadang saya tidak mampu berbicara dengan lancar. mulut terasa terkunci dan tidak tahu bagaiman harus mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran.

Kata kawan, saya tertimpa penyakit gagap, yang ingin saya tanyakan apa penyebab penyakit ini, apakah bisa disembuhkan, terus bagaimana cara menyembuhkan dan menjadikan lidah fasih serta lancar berbicara tanpa harus tersendat-sendat dan kaku.

Syukran atas jawabannya, jazakumullahu khairan katsiran.

Dari pertanyaan yang Anda sampaikan, hal ini dikarenakan kurangnya ‘jam terbang’ Anda dalam berbicara di depan umum. Termasuk dalam keseharian Anda jarang berkomunikasi sehingga lidah mudah kaku ketika ingin mengucapkannya.

Untuk itu mulailah berlatih terus dalam komunikasi, aktiflah dalam setiap perbincangan dan bertegur sapa serta usahakan untuk selalu membuka percakapan dengan orang lain.

Janganlah menjadi pendiam saat ada diskusi. Jadikan diskusi ini sebagai media pembelajaran dalam mengasah keterampilan berkomunikasi Anda.

Di samping itu perbanyaklah menggali wawasan dan informasi baik dari buku, majalah dan koran sehingga Anda mempunyai banyak ‘senjata’ untuk mengeluarkan kata-kata.

Hindari ketidak percayaan diri. Buang jauh-jauh segala prasangka buruk yang menghantui Anda. Jauhi alasan bahwa Anda akan ditertawakan, Anda hanya akan menjadi bahan gunjingan dan gurauan dan lain sebagainya.

Teruslah berlatih dan manfaatkan setiap ada kesempatan untuk melatih bicara Anda. Setiap keberhasilan pastilah melalui latihan sebelumnya. Konsistenlah untuk terus belajar dan belajar. Dan evaluasilah seusainya, di manakah kelemahannya dan apa yang harus ditingkatkan.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Hutang

Kamis, 25/10/2007 07:01

Kepemimpinan Efektif

Rabu, 24/10/2007 05:09

Turun Naiknya Motivasi

Selasa, 23/10/2007 07:49

Kuat di Kampus Lemah di Kampung

Senin, 22/10/2007 05:07

Cara Menjalani Hidup Apa Adanya

Sabtu, 20/10/2007 06:07

Manajemen Halaqoh

Selasa, 16/10/2007 07:41

Konsultasi Motivasi Lainnya

Trending