Sabtu, 12 Rajab 1444 H / 4 Februari 2023

Jadi Diri Sendiri

Assalamu’alaykum wr. Wb.

Selama ini saya telah bergaul dengan banyakteman dengan beragam karakter. Yang jadi masalah, ketika saya cenderung pada seorang teman, saya jadi seolah meng’copy’ kepribadian dia. Sehingga saya terkadang bertanya pada diri saya: gimana sih SAYA yang sebenarnya ingin saya bentuk itu?? Saya mungkin mudah terpengaruh karakter lingkungan, dan saya inginnya istiqomah dengan karakter-karakter positif yang ditularkan sahabat-sahabat saya kepada saya. gimana ya caranya (jadi diri sendiri)???Jazakallah khairan atas jawabannya..

Wassalamu’alaykum wr. Wb

Saudari Rani, dari pertanyaan yang anda sampaikan, Anda mengalami krisis kepercayaan terhadap diri Anda sendiri. Percaya diri adalah Keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri. Orang yang memiliki kepercayaan diri memiliki ciri: Citra Diri positif, Berpusat pada potensi, Positive Thinking, Egaliter, Yakin aktifitasnya urgent, Berani berbuat spektakuler, Tidak takut gagal, Yakin akan sukses.

Lalu bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri? Biasakanlah anda untuk bersikap positif yakni menyakini bahwa banyak hal positif yang telah Anda punyai. Yakinlah bahwa Anda ciptaan Tuhan yang paling mulia. Yakinlah bahwa Anda lebih baik dari yang Anda kira. Dan jangan pernah memasukkan pikiran negatif (kegagalan, reaksi negatif orang lain) ke dalam otak Anda Lalu perkuat potensi yang Anda miliki. Kenali dan kembangkan potensi Anda.

Ada beberapa tips untuk meningkatkan percaya diri: Prakarsai pembicaraan, Biasakan bicara terus terang, Memelihara kontak mata, Berjalan lebih cepat, Berpenampilan rapi, Cari kemenangan-kemenangan kecil, Beri diri sendiri hadiah. Biasakan duduk dikursi terdepan, Simpan prestasi masa lalu, Bergaullah dengan orang yang percaya diri, Biasakan berbahasa positif.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Manejemen Tidur

Selasa, 28/08/2007 05:41

Kesuksesan

Senin, 27/08/2007 05:13

Trauma dengan Keputusan Masa Lalu

Kamis, 23/08/2007 06:03

Memotivasi Rekan Kerja

Rabu, 22/08/2007 06:04

Bagaimana Harus Bersikap

Selasa, 21/08/2007 06:20

Konsultasi Motivasi Lainnya

Trending