Sabtu, 15 Jumadil Awwal 1444 H / 10 Desember 2022

Ketakutan Mau Lulus

Begini ustadz saya mahasiswa s1 saat ini sudah mengerjakan skripsi dan dah satu tahun lebih tidak selesai, hal ini karena saya tidak pede atau takut setelah lulus nanti mo ke mana? Karena saya tidak punya prestasi yang membanggakan, minim pengalaman organisasi, dan ipk yang pas-pasan. dan oleh karena itu mohon bimbingan hal apa yang harus kulakukan untuk mengatasi ketakutan pada dunia kerja? Kalo mo menambah skill, skill apa yang laku di dunia kerja? Terima kasih.

Saudaraku Purnomo yang dicintai Allah SWT, Anda kesulitan menentukan pilihan setelah lulus mau keman. Manurut saya, untuk menentukan pilihan tersebut maka tanyakan lebih dahulu kepada diri Anda sendiri apa sebenranya bakat Anda. Sebab orangyang bekerja sesuai dengan bakatnya biasanya ia akan bekerja dengan penuh gairah dan produktif. Jika Anda mengalamikesulitan mengetahui bakat Anda, maka lakukan langkah-langkah berikut :

1. Inventarisir prestasi masa lalu Anda. Dari prestasi masa lalu, kita bisa mengetahui bakat kita. Mislanya, dahulu Anda pernah manjadi juara lomba pidato, pernah dipuji karena dapat uang dari jualan mainan, atau pernah berhasil membuat makanan yang enak, dan lain sebagainya.

2. Ketahui sifat-sifat utama Anda. Setiap orang pasti memiliki sifat utama. Misalnya, kita mengenal si A sebagai orang yang pendiam, sensitif atau periang. Nah ..itulah sifat utamanya. Jika orang pendiam,, tentu tidak cocok bekerja sebagai sales, tapi lebih tepat bakatnya di bidang tata usaha/kearsipan atau di bidang lain yang tidak membutuhkan banyak komunikasi.

3. Mengetahui apa hobi Anda. Hobi kita mungkijn ada banyak, tapi carilah hobi yang bisa menghasilkan uang. Hobi yang bisa menghasilkan uang inilah yang disebut dengan bakat.

Nah..dengan kita menarik benang merah antara ketiga hal di atas itulah niscaya kita dapat menemukan bakat kita. Saya sarankan kepada Ananda untuk menemukan bakat dahulu, baru memutuskan akan bekerja di bidang apa. Jangan khawatir dengan IP yang pas-pasan (tidak berprestasi di bangku kuliah). Sebab banyak koq orang yang tidak berprestasi ketika kuliah, tapi ternyata sukses dalam pekerjaan. Contohnya adalah Bil Gates (orang terkaya di dunia) yang tidak lulus kuliah. Atau Michael Dell (orang terkaya nomor empat di dunia) yang juga tidak lulus kuliah.

Perlu juga dipertimbangkan oleh Saudara Purnomo untuk tidak fokus mencari pekerjaan di kantor (menjadi pegawai). Pertimbangkan juga untuk berwira usaha sesuai dengan bakat Anda. Jika tidak mempunyai modal, pertimbangkan untuk memulai usaha dengan modal apa adanya. Jangan langsung berambisi untuk mempunyai usaha yang besar. Lakukan inovasi agar usaha Anda semakin lama semakin besar dan semakin menguntungkan. Yang membedakan usaha yang menguntungkan atau merugikan itu bikan jenis usahanya, tetapi cara kita dalam menjalankan usaha tersebut.

Demikian saran saya, semoga bermanfaat.

Salam Berkah!

(Satria Hadi Lubis)
Mentor Kehidupan

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Sudah Benarkah Calon Istriku ?

Rabu, 15/04/2009 22:50

Menjaga Pandangan yang Benar

Selasa, 14/04/2009 12:49

Kepercayaan Teman

Selasa, 14/04/2009 12:32

Menjadi Pemaaf

Senin, 13/04/2009 20:31

Mengendalikan Emosi

Minggu, 12/04/2009 10:35

Konsultasi Motivasi Lainnya

Trending