Senin, 9 Muharram 1444 H / 8 Agustus 2022

Masa Depan Ana

Asss pak ust. ana mau bertanya. ana baru lulus skolah smk tapi ingin melanjutkan ke perguruan tinggi tapi ortu tidak mengizinkan kuliah, ana dah punya rencana, awalnya ortu setuju untuk melanjutkan tapi berunah pikiran, yang ana tanyakan. apakah ana harus maksa u/ minta kuliah atau bagaimana sebenarnya ortu mampu?

Saudaraku yang dirahmati Allah SWT, yang pertama kamu harus lakukan adalah mengetahui alasan mengapa orang tuamu tidak menyetujui untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan. Setelah kamu mengetahui alasan dari orang tuamu tersebut mungkin kamu dapat menerima mengapa orang tuamu tidak setuju untuk melanjutkan kuliah.

Jika dilihat kondisinya, kamu adalah siswa lulusan dari Sekolah Menengah Kejuruan, dimana disana sudah dibekali kemampuan untuk survive setelah lulus nantinya. Mungkin orang tuamu menghendaki agar kamu bekerja terlebih dahulu. Selain itu walaupun orang tuamu mampu membiayai kamu untuk melanjutkan kuliah, namun orang tuamu menginginkan agar anaknya dapat hidup mandiri. Mungkin itu salah satu metode didikan orang tuamu agar nantinya tidak mudah mengandalkan orang lain dalam hidup, melainkan kamu bisa berdiri diatas kaki sendiri.

Dalam kondisi seperti ini kita juga harus menyadari posisi kita sebagai seorang anak yang memang memiliki kewajiban untuk mematuhi perintah orang tua. Kewajiban tersebut pun diakui oleh agama Islam, bahwa seorang anak harus mematuhi orang tuanya. Sudah tentu orang tua menginginkan yang terbaik bagi masa depan anaknya. Tidak ada orang tua yang menginginkan atau merencanakan kegagalan pada anaknya. Dan orang tua jugalah yang telah memiliki pengalaman hidup yang lebih banyak dari pada kita sehingga orang tuamu menyarankan kamu untuk tidak melanjutkan kuliah terlebih dahulu.

Saran yang dapat saya berikan kepada adalah :

1. Patuhilah saran dari orangtuamu terlebih dahulu untuk tidak melanjutkan kuliah.

2. Carilah pekerjaan yang sesuai dengan kemampuanmu dan sesuai dengan kapasitasmu sebagai seorang lulusan SMK. Jika memang orang tuamu mampu, mungkin kamu justru dapat membuka usah sendiri dan dapat menyediakan lapangan kerja bagi orang lainnya.

3. Jika kamu tetap menginginkan untuk melanjutkan kuliah, peganglah keinginanmu dengan teguh. Sebab tandanya kamu adalah orang yang ingin bertumbuh dan berkembang. Namun waktunya saja yang bukan sekarang, mungkin nanti setelah kamu sudah bekerja dan sudah memiliki penghasilan kamu dapat melanjutkan ke jenjang perkuliahan dengan uang sendiri. Tentunya itu akan sangat membahagiakan dirimu. Jangan takut untuk malu karena umurmu yang tidak muda lagi ketika kuliah, karena tidak ada batasan usia untuk belajar.

4. Terakhir, tetap setia berdoa kepada Allah SWT agar keputusan yang kamu ambil atas saran dari orang tuamu ini dapat di berkati, sehingga dapat menjadi berkat bagi kamu dan orang lain di masa yang akan datang. Dan senantiasa ingat dan sadari bahwa manusia boleh berencana, namun Allah lah yang menentukan. Yang pasti rencana Allah itu untuk kebaikan kita.

Demikian jawaban saya. Semoga berkenan.

Salam Berkah !

(Satria Hadi Lubis)

Mentor Kehidupan

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Rekomendasi

Sakit Di Bagian Belakang Perut

Rabu, 21/10/2009 15:32

Siapa Tamir Pardo?

Kamis, 02/12/2010 06:17

Infaq Dan Zakat

Jumat, 04/12/2009 10:26

SEGUDANG MANFAAT MINYAK IKAN SALMON

Selasa, 29/10/2019 06:45

Al-Bayan Islamic Boarding School

Jumat, 01/05/2009 07:54

Bisnis untuk Pegawai 'Traveller'

Rabu, 10/12/2008 16:41

Baca Juga

Kerja Dan Ilmu

Selasa, 13/10/2009 16:13

Sulit Bersosialisasi Dengan Wanita

Selasa, 13/10/2009 15:35

Pemahaman Sulit dan Sering Lupa

Rabu, 16/09/2009 09:49

Konsultasi Motivasi Lainnya

Trending