Kamis, 6 Jumadil Awwal 1444 H / 1 Desember 2022

Membangun Citra Diri

Ass. Pak Hadi Yang saya hormati

Dalam menjalani kehidupan ini terkadang saya bermental ciut dan pesimis dalam membangun citra diri tatkala harus jatuh dalam lembah kenistaan, sehingga mudah tidak percaya diri, minder, dan kaku untuk bergaul. padahal saya berkeinginan besar untuk memiliki banyak kawan.

Lalu sebenarnya apa yang harus saya lakukan untuk membangun kembali citra diri yang telah tercoreng di mata orang lain.

Terima kasih

Ambon

Wa’alaikum salam wr wb.

Saudara Ambon yang dirahmati Allah, saya sangat memahami apa yang tergayut dalam hati Anda. Memang benar membangun kembali citra setelah rusak merupakan hal yang tidak mudah. Namun saya salut dengan Anda yang tidak terlena dengan kondisi buruk yang menghampiri dan mau bangkit kembali untuk mengembalikan citra diri Anda. Hal inilah yang paling penting karena merupakan modal utama Anda untuk melangkah ‘hijrah’ dalam membangun kembali citra diri.

Kemudian beristighfarlah mohon kepada yang Maha Kuasa agar Anda dikuatkan untuk dapat kembali ke jalan yang benar. Dan lakukan taubat nasuha. Bila Anda sungguh-sungguh maka akan menjadi senjata awal untuk dapat mengembalikan citra Anda.

Sikap sinisme, antipati dan sebagainya harus anda sikapi dengan wajar karena merupakan konsekuensi dari Anda yang telah melalui jalan yang salah.

Bergaullah normal seperti adanya. Anggaplah hal itu hanyalah sebuah sesi dari kehidupan Anda yang sudah berakhir dan tak akan pernah bertemu kembali.

Atasi rasa minder, kurang pede, kekakuan dan sebagainya itu dengan menyakini bahwa Anda telah berubah total dan telah berjanji pada Allah dan diri sendiri bahwa Anda berbeda dengan yang lalu.

Carilah komunitas baru. Bergaul dengan orang-orang yang baru dikenal juga dapat menjadi alternatif Anda untuk mengembalikan citra diri Anda.

Berkumpullah dengan orang-orang sholeh dan forum-forum yang berisi orang-orang yang berakhlaq baik dan perbanyak dzikir dan amalan-amalan sunnah lainnya.

Terakhir, Jangan jadikan orang lain sebagai ‘juri’ dalam menilai perubahan yang sedang anda lakukan, tapi Allah SWT. Zat yang akan menilai Anda dengan amat sangat tepat bahkan ketika Anda ketika keinginan masih di dalam hati Anda.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Futur Akibat Virus Merah Jambu

Jumat, 21/09/2007 11:21

Mapping Peran

Kamis, 20/09/2007 05:40

Menjaga Keistiqamahan

Rabu, 19/09/2007 03:37

Tahfidz Qur'an

Kamis, 13/09/2007 04:09

FITRAH CINTA

Rabu, 12/09/2007 05:34

Konsultasi Motivasi Lainnya

Trending