Senin, 9 Muharram 1444 H / 8 Agustus 2022

Mengajak Warga Sholat Berjamaah

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Ustad yang di rahmati Allah SWT, saya mau minta saran nih…

Alhamdulillah sudah 3 bulan ini saya pindah rumah, (tepatnya 13 Januari 2008 kemarin) dan di lingkungan tempat tinggal saya semuanya warganya 100% Muslim. Namun ada sedikit yang menganjal di hati ini kalau melihat warga tempat tinggal baru saya dalam bertetangga, kebanyakan dari mereka jauh dari Rumah Allah (Surau). Apabila ada pangilan untuk menegakkan sholat berjamaah dari surau, warganya malah santai santai saja dan engan pergi ke surau untuk berjamaah.

Sementara Surau tempat tinggal saya letaknya di tengah tengah pemukiman warga. bahkan ada sebuah sekolah Islam lagi, di mana para gurunya juga banyak tinggal di lingkungan tempat tinggal baru saya.

Ustad, gimana caranya mengajak warga agar mau berbondong-berbondong berjamaah di surau tersebut. sebagai warga yang baru saya merasa tidak enak dengan kondisi seperti ini. mohon sarannya…

Jazakumullah khairan katsiran

By moes

Bapak Moes yang saya hormati, Alhamdulillah bapak menjadi bagian dari orang-orang yang mempunyai kepedulian yang tinggi dalam memakmurkan Rumah Allah.

Banyak faktor memang untuk dapat menilai mengapa para warga enggan untuk sholat berjama’ah, dan memang yang menjadi faktor utama biasanya adalah dikarenakan kurangnya pemahaman para warga tentang arti pentingnya memakmurkan masjid/musholla (Surau) dalam hal ini untuk melakukan shalat berjama’ah.

Hal lainnya bisa jadi dikarenakan para warga kurang merasa memiliki pada keberadaan surau tersebut. Merasa bukan bagian dalam kepengurusan dalam suarau atau mungkin juga dikarenakan kurangnya surau itu digunakan untuk acara-acara selain ibadah mahdhoh yang dapat menjadi bagian dalam memperkuat interaksi warga dengan suraunya.

Sering-seringlah membuat kegiatan acara yang berpusat di Surau. Selain saat peringatan hari-hari besar Islam, dengan membuat pengajian yang rutin bisa pekanan, dua pekan sekali ataupun sebulan sekali dapat menjadi salah satu cara efektif agar warga lebih sering datang dan sholat berjama’ah.

Undanglah para ustadz untuk berceramah tentang arti pentingnya sholat berjama’ah serta berbagai manfaat yang didapat bila kita sering dan rutin melakukannya.dan kerjasamalah dengan berbagai pihak yang mempunyai kepedulian yang tinggi seperti Anda untuk memakmurkan suaru dan menjadikan warga sadar untuk selalu shalat berjamaa’ah di surau.

Wallahu’alam

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Sakit Nafsu

Selasa, 10/06/2008 18:48

Mendalami Islam Secara Kaffah

Selasa, 03/06/2008 05:07

Mencuri Listrik

Senin, 02/06/2008 05:12

Tips Dakwah Tempat Baru

Kamis, 29/05/2008 05:46

Pendirian Lemah

Selasa, 27/05/2008 05:54

Bimbang Dalam Menikah

Jumat, 23/05/2008 07:28

Pengendalian Syahwat

Kamis, 22/05/2008 05:52

Konsultasi Motivasi Lainnya

Trending