Kamis, 2 Rabiul Awwal 1444 H / 29 September 2022

Mengatasi Nervous Berlebihan

Assalamuallaikum warahmatullahi wabarakatuh….

Pak saya adalah remaja berusia 18 tahun yang sekarang menjadi mahasiswa di suatu universitas, permasalahan terbesar saya adalah:

1. saya merasa tidak mampu berkomunikasi dengan orang lain (terbata-bata) padahal saya sudah merasa rileks sebelumnya…

2. saya ingin sekali mengubah gaya gidup saya yang seringkali malas-malasan menjdi memiliki etos kerja yang tinggi dengan motivasi, namun entah mengapa motivasi tersebut cepat sekali hilang pak…

3.sebenarnya saya ingin sekali masuk suatu organisasi tapi bagaimana pak cara menghilangkan bad prejudice dan rasa takut yang berlebihan akan suatu hal yang baru?

4. saya ingin sekali khusuk dan berwawasan luas seperti bapak, apa yang harus saya lakukan?

Sekian pak dari saya, terimakasih atas perhatian bapak…

Wassalamuallaikum warahmatullahi wabarakatuh…

Wa’alaikum salam wr. wb.
Ananda FunDee yang dikasihi Allah SWT, saya akan langsung saja menjawab pertanyan Anda satu persatu :

  1. Anda merasa tidak mampu berkomunikasi denganbaik (terbata-bata). Untuk mengatasinya, Anda harus mencari tahu mengapa Anda sulit berkomunikasi. Mungkin saja karena Anda merasa tidak percaya diri. Nah untuk mengatasi rasa tidak percaya diri Anda, maka Anda harus lebih banyak berpikir positif terhadap lawan bicara Anda. Jangan menganggap lawan bicara Anda sebagai musuh/ancaman yang akan melucuti kebodohan atau akan menjadi pesaing Anda. Santai saja dan rileks menghadapi lawan bicara. Anggap ia sebagai teman lama yang Anda sayangi dan hargai. Mulailah dari pemikiran bahwa Anda adalah pribadi yang baik dan akrab dengan siapa saja. Lalu perbanyak senyum ketika sedang berbicara, sehingga membantu Anda untuk lebih rileks dan percaya diri.
  2. Untuk mengubah cara hidup yang bermalas-malasan menjadi lebih bersemangat dan produktif , maka Anda perlu mengetahu bagaimana cara membangkitkan motivasi yang tinggi. Ananda FunDee yang dikasihi Allah SWT, untuk mempunyai motivasi yang tinggi dan stabil Anda perlu lebih mengandalkan motivasi dari diri sendiri bukan dari orang lain atau lingkungan Anda. Caranya bisa dengan berbagai cara (saya telah menulis buku yang khusus membahas soal ini, judulnya : Total Motivation), diantaranya : dengan membayangkan manfaat besar yang akan didapat, melakukan sugesti untuk menyenangi pekerjaan yang sedang kita lakukan, menumbuhkan rasa tanggung jawab dan meyakini bahwa kita baru berarti hidup di dunia ini jika berhasil melakukan pekerjaan tersebut atau dengan cara memaksa diri bertindak walau ogah-ogahan (karena pada dasarnya sebagian besar motivasi/semangat muncul ketika kita beraktivitas, bukan sebelum beraktivitas).
  3. Ananda ingin sekali ikut organisasi, tetapi khawatir dengan rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu yang baru. Mengapa Anda takut dengan pengalaman baru dalam berorganisasi? Padahal, menurut saya, pengalaman baru (termasuk dengan mengikuti organisasi baru) jauh lebih banyak hal-hal yang menyenangkan daripada hal-hal yang tidak menyenangkan. Paling tidak hidup kita semakin berwarna dan pengalaman kita semakin luas. Hal itu akan membuat kita semakin berwawasan luas dalam mengambil keputusan. Hilangkan rasa takut Anda dengan berpikir positif tentang pengalaman baru, serta lupakan trauma masa lalu (jika ada) tentang berkumpul/berorganisasi dengan orang-orang yang baru. Jangan kita selalu melihat masa lalu yang buruk, sehingga trauma untuk mengarungi kehidupan yang indah ini di masa sekarangdan di masa depan. Rugi kalau kita masih muda tidak mencoba menambah pengalaman dengan memperluas pergaulan dan mengikuti berbagai organisasi.
  4. Kalau Ananda ingin berwawasan luas, mulailah dengan suka membaca. Setiap hari paling tidak Ananda harus membaca. Luangkan waktu minimal 30 menit sehari untuk membaca. Membaca berarti kita menyerap informasi dan pengalaman orang lain dengan cepat. Kita jadi cepat belajar kalau banyak membaca. Selain itu jangan takut untuk berdiskusi dengan orang lain dalam berbagai hal, sehingga Anda mengasah kemampuan beragumentasi dan bersikap kritis. Ujung-ujungnya , hal ini akan membuat Anda berwawasan luas dalam menghadapi berbagai persoalan dalam kehidupan ini.

Demikian saran yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Bersyukur kepada Allah berarti menikmati kehidupan ini dengan berbagai suka dukanya. Life is beautiful !!

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Gaji Besar atau Jilbab?

Rabu, 05/11/2008 10:45

Selalu Gagal…

Selasa, 04/11/2008 15:49

Strategi Manajemen Diri

Jumat, 31/10/2008 11:25

Manajemen Pemberontakan Positif

Jumat, 31/10/2008 11:16

Nyantri atau Nikah

Rabu, 17/09/2008 12:00

Konsultasi Motivasi Lainnya

Trending