Sabtu, 14 Muharram 1444 H / 13 Agustus 2022

Meningkatkan Kemampuan

Assalamu`alaikum Wr. Wb.

Saya mahsiswa fakultas hukum disalah satu PT di Purwokerto, saya diamanahi menjadi ketua UKM Kerohanian Islam. Permasalahan yang saya hadapi berkaitan dengan kegiatan yang padat dan sangat melelahkan, di sisi lain saya ingin meningkatkan kemampuan. Namun karena banyaknya agenda jadi kesempatan untuk meningkatkan kemampuan jadi terhambat karena kerja kerja teknis sering menguras tenaga. Yang ingin saya tanyakan:

Bagaimana caranya menyikapi permasalahan ini supaya saya dapat meningkatkan kemampuan?

Ass. wr. wb.

Ananda Purnairawan, masalah yang Anda rasakan merupakan sebuah konsekuensi logis bagi setiap orang aktifis yang bergelut dalam sebuah organisasi.

Sebuah jabatan yang kita terima hendaklah jangan terlalu dijadikan beban yang yang mengkungkung kita sehingga kita larut hanya di dalam lingkaran tugas-tugas jabatan semata. Tapi jadikan jabatan tersebut sebagai beban kita untuk mengasah dan terus-menerus meningkatkan keahlian dan keterampilan yang kita miliki serta senantiasa mengedepankan sikap profesionalitas dalam pelaksanaannya.

Banyaknya kegiatan dan tugas-tugas yang kita emban, dapat disiasati dengan cara pengaturan waktu yang benar (Time Management), Manajemen waktu adalah suatu keterampilan untuk mengatur waktu agar berhasil mencapai cita-cita atau tujuan hidup positif yang dikehendaki.

Namun sayangnya, keterampilan mengatur waktu sering dianggap sepele. Barangkali karena anggapan bahwa keterampilan mengatur waktu akan bisa dengan sendirinya melalui pengalaman hidup, sehingga tak perlu dipelajari. Atau anggapan bahwa mengatur waktu dapat berarti merubah kebiasaan yang sudah bertahun-tahun dilakukan, sehingga sulit untuk dilaksanakan. Atau mungkin juga ada anggapan hidup setiap manusia sudah merupakan takdir yang tak dapat diubah, sehingga tak perlu susah payah mengaturnya.

Semua anggapan tersebut tentu saja keliru karena seperti keterampilan lain yang dapat dipelajari, keterampilan manajemen waktu juga dapat dipelajari dan dilakukan. Jadi masalahnya terletak pada kemauan. Maukah Anda untuk menata hidup lebih baik lagi? Maukah Anda mencapai cita-cita yang Anda inginkan?

Beberapa cara untuk dapat mengatur waktu secara efektif. Di antaranya dengan membuat beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan. Tahapan tersebut adalah Buatlah Misi Anda, Tentukan Peran-peran yang Anda lakukan. misalnya sebagai ketua UKM, Mahasiswa, dan sebagainya, Buatlah Visi dari peran-peran Anda, Lalu realisasikan misi, visi dan peran-peran Anda tersebut ke dalam Rencana kegiatan Pekanan dan harian.

Sulitnya mengatur waktu berawal dari tidak adanya rencana harian. Ada sebagian orang yang membiarkan hari-harinya berlalu bagai air yang mengalir. Ia tidak memiliki rencana tentang apa yang akan dikerjakan hari ini. Ia bekerja berdasarkan mood dan kesenangan, bukan berdasarkan misi dan pencapaian visi peran. Ia sering menunda-nunda pekerjaan. Dampaknya, pekerjaannya menjadi menumpuk pada satu waktu. Ia menjadi sibuk pada satu peran dan mengabaikan peran yang lainnya. Akhirnya, ada kekecewaan dan stres berkepanjangan dalam hidupnya. Hanya penyesalanlah yang akan diraih, bukan keberhasilan.

Semua tahapan tersebut sebaiknya Anda pelajari dan Anda praktekkan dengan sungguh-sungguh. Sebab masing-masing tahapan tersebut saling melengkapi dan saling menguatkan satu sama lain.

Semoga bermanfaat

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Rekomendasi

Pendidikan untuk Anak

Kamis, 13/07/2006 11:36

Ngaji Geopolitik: Oase Nusantara

Senin, 22/02/2021 11:15

Menjadikan Ceramah Sebagai Profesi

Kamis, 18/10/2007 05:30

Antara Rasa Bersalah dan Tidak

Selasa, 13/06/2006 14:22

Semua Karena Cinta

Selasa, 05/10/2010 14:01

Rezim Yang Bobrok

Senin, 04/07/2011 11:36

Baca Juga

Rasa Malas

Rabu, 06/06/2007 11:59

Membangkitkan Semangat Suami

Selasa, 05/06/2007 07:14

Istiqomah Dalam Kehidupan

Minggu, 03/06/2007 14:07

Kehilangan Motivasi

Rabu, 23/05/2007 12:09

Bagaimana Membakar Semangat Diri?

Selasa, 15/05/2007 06:34

Konsultasi Motivasi Lainnya

Trending