Sabtu, 14 Muharram 1444 H / 13 Agustus 2022

Meningkatkan Semangat Dalam Berwira Usaha

Assalamualaikum wr wb.

Pak ustadyangdi cintai oleh allah dan makhluknya dan semoga kita selalu dalam bimbingannya allah.

Pak saya seorang mahasiswa yang mempunyai usaha kecil-kecilan, tetapi banyak kendala yang saya hadapi baik itu modal yang tida bisa kembali maupun semangat yang hilang-hilang timbul.

Jadi pak yang ingin saya tanyakan adalah:

1. Bagaimana bisa meningkat kan semangat peribadi di dalam berwira usaha.

2. Bagaimana cara bisa mendapat ke untungan yang sempurna

3. Apa upaya saya meningkatkan ke utuhan barang dan kualitasnya.

Demikian yang saya tanyakan kepada pak ustad semoga jawabannya dapat menjadi bahan pembelajaran saya di masa depan.

Terikakasih.

Wassalam….

Putra simeulue (rustim)

Wa’alaikum salam wr wb.

Saudara Rustim yang terhormat, patut saya ancungi jempol di mana Anda mempunyai keinginan berwirausaha apalagi Anda masih berstatus mahasiswa. Sebab jiwa wirausaha adalah hal yang harus ditumbuhkan dalam dunia modern ini. Di mana di dalamnya terdapat banyak sekali kelebihannya dibandingkan bila kita hanya sebagai pegawai kantoran semata. Misalnya dengan berwirausaha akan timbul jiwa leadership yang kuat, lalu jiwa kemandirian, keuletan dan kegigihan dan sebagainya.

Oleh karenanya semangat harus tetap digelorakan. Ia adalah ‘bahan bakar’ diri untuk dapat bergerak dan terus bergerak. Agar terus semangat, motivasi dirilah Anda terus menerus. Umpamakan munculnya motivasi diri seperti menghidupkan sebuah mesin. Untuk menghidupkan mesin dibutuhkan pemicunya (pada kendaraan bermotor pemicunya adalah bensin). Pemicu tersebut terdapat pada ruang-ruang tertentu pada mesin. Untuk menumbuhkan motivasi diri, “pemicunya” adalah visualisasi akan bisnis masa depan, tanggung jawab akan pelaksanaan bisnis yang dijalani, buatlah usaha ini terasa nyaman dan Anda sukai, rajin dan uletlah dalam menjalaninya.

Selain motivasi diri, Anda perlu mempunyai sifat kreatif dan inovatif. Lihatlah dan cermatilah setiap peluang yang ada di sekitar kita serta sejauh mana kita dapat memasuki peluang tersebut. Dari mulai mencari bahan baku hingga memasarkan produk kita langsung pada end user. Misalkan di manakah kita bisa mendapatkan bahan baku yang termurah namun kualitas baik selain pada tempat yang selama ini kita beli. Atau bisa kita memasarkan langsung kepada pemakai sehingga dapat mengurangi biaya. Dan sebagainya

Kualitas dan mutu produk merupakan salah satu daya saing utama. Dalam banyak hal seseorang dalam membeli lebih mementingkan kualitas atau mutu sebuah produk di bandingkan harga (price). Ketika Anda dapat menjaga dengan konsisten mutu sebuah produk maka Anda telah memposisikan diri pada kepercayaan mendapatkan barang yang berkualitas.

Sering kali kelemahan seseorang dalam berwirausaha adalah menggampangkan sisi administrasi dan pencatatan. Terkadang barang yang keluar tidak sesuai dengan uang yang diterima alias merugi yang ujung-ujungnya usaha menjadi gulung tikar. Profesioanallah dalam pencatatan. Buatlah secara detail setiap transaksi uang atau barang yang masuk dan keluar.

Semoga bermanfaat

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

3B: Bosan Bingung Benci

Kamis, 29/11/2007 09:39

Kejiwaan yang Labil

Senin, 26/11/2007 11:57

Tentang Hati

Kamis, 22/11/2007 04:38

Pelajaran Berharga…

Rabu, 21/11/2007 05:40

Haruskah Berhenti Kuliah?

Selasa, 20/11/2007 01:20

Niat yang Terkotori

Senin, 19/11/2007 05:14

Mencegah Ledakan Emosi

Kamis, 15/11/2007 05:30

Konsultasi Motivasi Lainnya

Trending