Ahad, 6 Rajab 1444 H / 29 Januari 2023

Menjaga Keistiqamahan

Assalamu’alaikum

Pak saya mau tanya nih bagaimana caranya agar kita tetap istiqamah dalam melakasanakan kegiatan positif apapun itu?

Wa’alaikum salam wr wb.

Pak Darsam yang saya hormati, adalah sebuah tekad yang mulia yang Anda lakukan untuk tetap selalu istiqamah. Karen dalam agama pun kita diminta untuk selalu beristiqamah setiap kita memulai pekerjaan.

Di antara untuk menjaga keistiqamahan kita, awalnya adalah kembali meluruskan niat awal kita yang tulus, karena bukan hal mustahil ketika dalam proses, niatnya menjadi berubah dan melenceng dari niat pada awalnya.

Utamakan selalu pikiran dan orientasi Anda kepada tujuan yang ingin dicapai. Selama Anda selalu berpikir dan berorientasi kepada cara untuk mencapai tujuan berartiAnda masih berada dalam jalur yang benar. Tidak peduli apakah Anda memikirkannya di alam sadar atau di alam bawah sadar Anda. Bahkan sebenarnya ketika alam bawah sadar selalu berpikir untuk mencapai cita-cita, hal itu menunjukkan kemapanan dan kekokohan dari orientasi Anda terhadap pencapaian cita-cita. Ini lebih baik. Sebab ketika alam bawah sadar turut bekerja untuk mencapai cita-cita, energi tubuh Anda akan bekerja secara refleks membentuk kebiasaan-kebiasaan yang mendukung pencapaian cita-cita Anda.

Prioritaskan kegiatan Anda lebih banyak untuk mencapai tujuan Seberapa lama Anda mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran untuk mencapai tujuan tersebut dibandingkan apa yang Anda korbankan untuk hal-hal lain di luar pencapaian tujuan Anda. Semakin lama waktu yang Anda prioritaskan untuk pencapaian tujuan berarti semakin sukses Anda. Sebaliknya, semakin sedikit waktu yang Anda berikan untuk mencapai tujuan berarti semakin jauh Anda dari tujuan. Di sini dibutuhkan keberanian untuk mengatakan ‘tidak’ kepada setiap ajakan atau tawaran beraktivitas di luar pencapaian tujuan. Anda harus fokus kepada pencapaian tujuan Anda.

Upayakan Anda mencapai tujuan dilakukan dengan cara-cara yang benar. Tidak ada rumus menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan. Jika Anda berhasil mencapai tujuan tapi dengan cara melanggar kebenaran universal, Anda telah gagal sebelum berhasil mencapai tujuan. Hasil yang Anda dapatkan bukanlah tujuan sejati, tapi tujuan semu.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum wr wb.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Tahfidz Qur'an

Kamis, 13/09/2007 04:09

FITRAH CINTA

Rabu, 12/09/2007 05:34

Menentukan Tujuan Masa Depan

Selasa, 11/09/2007 05:29

Kembali Bangkit dari Keterpurukan

Jumat, 07/09/2007 05:30

Konsultasi Motivasi Lainnya

Trending