Senin, 16 Muharram 1444 H / 15 Agustus 2022

Rasa Malas

Assalamualaikum wr wb.

Pak, bagaimanakah melawan rasa malas yang bercokol di dalam diri kita? Terima kasih sebelumnya.

Wassalamualaikum wr wb

Saudara Fatahillah, rasa malas adalah dalih yang paling berbahaya. Hal ini karena ia membunuh potensi Anda. Ketika rasa malas muncul, Anda akan tampil di bawah performance maksimal Anda, sehingga Anda menjadi kurang bernilai dan kurang bermanfaat di hadapan diri sendiri dan orang lain.

Karena itu, rasa malas harus diperangi. Malas membuat potensi seseorang menjadi terpendam atau muncul tapi terlambat. Malas membuat seseorang bagaikan lumpuh. Tak bertenaga dan tak berdaya untuk menghindarinya. Pikirannya menjadi irasional, jiwanya kosong dan perbuatannya menjadi tak bertanggung jawab.

Bagaimana cara mengatasinya? Banyak cara yang telah ditawarkan para pakar untuk mengatasinya, tapi cara yang paling efektif adalah: Just do it! (lakukan saja, tanpa menunda!).

Jadi untuk mengatasi rasa malas, kerjakan saja apa yang menurut Anda harus dilakukan. Jangan ditunda dan jangan mencari alasan! Apapun alasan untuk menunda pekerjaan itu, lupakanlah! Sebab sebagian besar alasan adalah alasan yang dicari-cari.

Karena itu, just do it! Lakukan sekarang juga! Karena jika Anda menundanya maka semakin malas dan takut Anda untuk melakukannya. Sebaliknya semakin tidak ditunda, semakin bersemangat dan termotivasi Anda untuk melakukannya.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui bahwa seringkali semangat melakukan suatu pekerjaan justru datang dan semakin besar bersamaan dengan saat Anda melakukan pekerjaan tersebut. Semangat bekerja seringkali muncul bukan sebelum melakukan pekerjaan, tapi pada saat Anda melakukan pekerjaan tersebut.

Inilah rahasia mengatasi rasa malas, Jika pikiran Anda mulai mencoba melakukan rasionalisasi untuk menundanya, katakan dengan keras dan tegas pada diri Anda sendiri: Just do it! No Reasonable! Lakukan sekarang juga! Jangan banyak alasan! Niscaya Anda akan mampu mengatasi rasa malas dan tidak menunda-nunda melakukan pekerjaan.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Membangkitkan Semangat Suami

Selasa, 05/06/2007 07:14

Istiqomah Dalam Kehidupan

Minggu, 03/06/2007 14:07

Kehilangan Motivasi

Rabu, 23/05/2007 12:09

Bagaimana Membakar Semangat Diri?

Selasa, 15/05/2007 06:34

Konsultasi Motivasi Lainnya

Trending