Selasa, 4 Jumadil Awwal 1444 H / 29 November 2022

Tidak Percaya Diri

Assalamuaaikum.

Pak saya mau bertanya, saya mahasiswa yang selalu tidak percaya diri. Saya selalu takut akan kelemahan saya, tidak pecaya diri ketika berbicara dengan orang lain, dam hal ini semua yang menyebabkan saya menjadi putus asa. Mohon bantuannya? Terimakasih

Wa’alaikum salam wr wb.

Saudara Kodiono yang saya hormati, ketidak percayaan diri seseorang ketika berbicara, biasanya dikarenakan dua hal, yakni kegugupan dan hambatan keahlian.

Rasa gugup biasanya karena rasa takut ketika dihadapkan pada sesuatu yang tidak Anda tahu (fear of unknown). Misalnya ketika Anda ingin berbicara dengan orang lain, muncul di benak Anda, apakah orang itu akan merespon Anda? Bagaimana bila kesalahan dalam pengucapan? Apakah ia akan tersinggung? Dan sebagainya. Ketakutan-ketakutan akan apa yang mungkin terjadi sudah terlebih dahulu menghantui Anda.

Lawanlah rasa gugup itu dengan berpikir positif. Karena dengan berpikir positif hati dan rasa menjadi gembira dan enjoy untuk beraksi, sehingga dengan sendirinya kepercayaan diri itu akan timbul.

Cobalah berpikir positif, "saya bisa", "apa yang saya katakan pasti disukai orang" dan sebagainya. Awali semua dengan senyum sebagai tanda Anda yakin dengan apa yang akan Anda sampaikan.

Hambatan keahlian, bisa jadi karena kurangnya keahlian komunikasi, hambatan bahasa/ tata bahasa yang buruk dan adanya pengalaman buruk dimasa yang lalu

Hal ini bisa diatasi dengan menambah ‘jam terbang" komunikasi kita. Semakin sering kita berbicara akan semakin mudah kita mengelola kata dan memperbaiki tata bahasa yang kita ucapkan.

Rumusnya sederhana, Lawan Ketakutan X Aksi. Hilangkan segala rasa ketakutan yang menghinggapi kita untuk memulai berbicara dan lakukan secara terus menerus komunikasi dengan siapapun. Bicaralah walau sepatah dua patah kata, itulah awal untuk dapat berbicara secara baik.

Semoga bermanfaat

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Bingung Menentukan Pilihan

Jumat, 18/01/2008 05:30

Managemen Waktu

Kamis, 17/01/2008 10:58

Cara Menjaga Hati

Rabu, 16/01/2008 10:46

Memperkuat Ukhuwah Pengurus Musholla?

Selasa, 15/01/2008 06:26

Hamba Zalim

Senin, 14/01/2008 04:14

Belajar Qiraati

Jumat, 04/01/2008 03:17

Mengendalikan Stres

Kamis, 03/01/2008 05:27

Konsultasi Motivasi Lainnya

Trending