Ahad, 13 Rajab 1444 H / 5 Februari 2023

5 KHASIAT KURMA AJWA YANG MENCENGANGKAN

EramuslimAdvertorial

Tahukah anda, bahwa di seluruh dunia ini setidaknya ada 1400 jenis kurma? Wow, sangat banyak bukan variannya. Mungkin kita hanya pernah dengar jenisnya beberapa. Seperti kurma sukari, kurma tunisia, kurma medjol, kholas dan lain-lain.

Namun ada satu jenis kurma yang sangat disukai oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, yakni Kurma Ajwa atau biasa juga disebut dengan kurma nabi. Buahnya berwarna hitam gelap dengan tekstur yang halus. Rasa buahnya manis dan mirip seperti buah kismis. Kurma ajwa saat ini tidak hanya tersedia di Arab Saudi saja tapi juga sudah mulai dibudidayakan di negara-negara lainnya. Indonesia sendiri masih sering membawa jenis kurma ini masuk ke dalam negeri lewat kegiatan haji maupun umroh.

Buah kurma ajwa tidak hanya memiliki rasa yang lezat untuk dinikmati tapi manfaat serta khasiat yang baik untuk kesehatan. Kurma ajwa mengandung vitamin B1, E, B6, B12, C, K, dan A. Selain itu, kurma yang satu ini juga mengandung banyak gula, lemak jenuh, energy, karbohidrat, kalsium, fosfor, serat, protein, magnesium, sodium, seng, zat besi, dan kalium. Semua vitamin dan mineral tersebut merupakan gizi yang lengkap dan menyehatkan untuk tubuh Anda.

Dalam sebuah hadits shahih disebutkan bahwa apabila seseorang mengkonsumsi 7 butir kurma ajwa, maka dirinya akan terjaga dari racun dan sihir selama hari itu.

Selain itu masih ada beberapa khasiat kurma ajwa yang kami rangkum dari berbagai sumber :

Menjaga kesehatan otak
Seperti diketahui, kandungan antioksidan dalam kurma ajwa bisa mencegah radikal bebas yang membuat penyakit seperti diabetes hingga peradangan otak bisa dihindari. Hal ini diperkuat dengan studi yang pernah dilakukan oleh Neural Degeneration Research pada 2016. Studi tersebut menunjukkan adanya produksi protein pada kurma yang bisa menghambat pertumbuhan peradangan interleukin 6 (IL-6) di otak.

Bagus untuk diet
Kandungan serat tak larut yang tinggi dalam kurma ajwa juga membuat tubuh akan merasa kenyang lebih lama. Serat tak larut ini juga akan mempermudah dalam urusan buang air besar. Dengan kemampuan mengenyangkan dan mempermudah urusan buang air besar, membuat kurma ajwa sangat cocok untuk makanan khusus orang yang menjalankan progam diet.

Menjaga kesehatan pencernaan
Manfaat kurma ajwa lainnya adalah terkait masalah pencernaan. Dalam kurma ajwa, terdapat serat jenis tidak larut. Serat ini akan sangat membantu memadatkan feses sehingga pencernaan menjadi lancar. Diare dan sembelit bisa dihindari dengan makan kurma ajwa.

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil
Sehubungan dengan fertilitas, kurma nabi mengadung zat oksitosin yang bermanfaat dalam proses persalinan. Zat ini mengaktifkan dinding otot rahim menjelang kehamilan, membantu kontraksi rahim saat persalinan, serta mengurangi pendarahan pasca kelahiran.

Penyedia Energi Instan
Ada alasanya mengapa kurma ajwa kerap dikonsumsi di bulan puasa. Buah ini berperan seperti minuman sports drink atau penambah energi, yang kerap dikonsumsi oleh orang setelah olahraga. Tapi pastinya, kurma ajwa ini jauh lebih sehat karena tidak ada bahan pengawet atau zat kimia yang berbahaya.Untuk merasakan khasiat energinya, anda bisa makan secara langsung atau dijadikan jus kurma yang segar. Pas banget dikonsumsi saat buka puasa untuk mengembalikan tenaga yang hilang.

Mengingat khasiatnya yang luar biasa, tak mengherankan apabila harga Kurma Ajwa sangatlah tinggi. Apalagi yang merupakan hasil panen terakhir. Karena beberapa kurma ajwa yang beredar, sebagiannya merupakan hasil pane tahun-tahun sebelumnya.

Sehingga tak mengherankan kurmanya sudah cukup kering dan kurang fresh.
Saat ini kami menghadirkan kurma ajwa yang memiliki sertifikat organik dari perkebunan Castle Farm di Madinah. Hasil panennya juga merupakan hasil panenan terbaru yang ditandai dengan rasa kurma tidak terlalu manis, tekstur yang lembut dan mudah dicerna.

Kurma Ajwa kami hadir dalam kemasan ekonomis, yakni 200 gram di tiap kemasannya. Harga tiap kemasannya adalah Rp 65.000,-. Selama bulan Romadhon ini, kami mengadakan promo besar yang bertajuk BULAN MADU DI ROMADHON.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Klinik Sehat Lainnya

Trending