Rabu, 8 Rabiul Awwal 1444 H / 5 Oktober 2022

Ada Kista Saat Mengandung

Assalamu ‘alaikum

Bpk. dr. Agus Rahmadi yang di rahmati Allah,,
ada yang ingin saya tanyakan. Saya sudah telat mensturasi sekitar 2 minggu, saya sudah testpack dan hasilnya +, saya dan suami langsung ke bidan untuk konsultasi, dan umur kandungan saya di perkirakan 7 minggu. Dua hari setelah saya periksa, saya langsung USG dan dokter ragu dengan kandungan saya, karena ukuran janin yang bentuknya sangat kecil,,dan dokter menyuruh saya untuk testpack kembali. setelah di test, hasilnya tetap +.
Saya di USG lagi dan dokter melihat ada blok hitam tepat +/- 3 cm di bawah gb. janin yang di duga itu adalah kista yg sudah berukuran 4 cm. Dan dokter tersebut mengambil kesimpulan bahwa janin saya berukuran kecil karena ada kista yang tumbuh

yang saya ingin tanyakan:
1. Apakah Kista itu berbahaya, bagaimana cara penyembuhannya untuk saya yang sedang hamil?
2. Apakah harus ada operasi pengangkatan kista dari rahim saya? Jika ada apakah hanya kista nya saja yang di angkat atau termasuk baby saya yang harus di angkat juga?
3. Mungkinkah kista itu semakin membesar dan menghambat pertumbuhan janin?

Cat : Mensturasi saya selalu mundur +/- 3 hari setiap bulannya, dan belum pernah merasakan sakit saat PMS

Terimakasih atas jawabannya. Allah Ta’ala-lah yang akan membalas segala kebaikan Bpk

Wassalamualaikum
nur

Assalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

kista adalah suatu kantung yang berisi cairan, bisa kental seperti gel (mukus), bisa juga cair (serous). Penyebab utamanya masih menjadi misteri, dan kista ini bisa terdapat dihampir semua bagian tubuh manusia.
Pada organ reproduksi wanita, kista bisa muncul di ovarium (indung telur) maupun di rahim. Selama masih berukuran kecil dan jinak, kista sebetulnya tidak akan mengganggu kesuburan. Sedangkan kalau kistanya berukuran besar, sebetulnya yang terganggu pun bukan kesuburannya, melainkan kehamilannya, karena kista tersebut bisa memenuhi rongga rahim dan menghalangi pertumbuhan sel telur yang telah terbuahi.

Penanganan masalah ini tergantung dari kondisi kehamilan dan besarnya kista, karena itu sebaiknya Ibu berkonsultasi secara rutin dengan dokter ahli kandungan untuk mendapatkan solusi yang tepat. (sf/)

Wassalaam.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Cairan Encer Keluar Saat Buang Air

Sabtu, 02/10/2010 16:14

Pusing Setelah Jatuh Di Kamar Mandi

Rabu, 29/09/2010 12:27

Senam

Selasa, 31/08/2010 16:15

Asi Untuk Anak

Selasa, 24/08/2010 14:11

Efek Infus Ditangan Setelah Lahiran

Selasa, 24/08/2010 13:43

Klinik Sehat Lainnya

Trending