Sabtu, 14 Muharram 1444 H / 13 Agustus 2022

Bagaimana Menambah Berat Badan?

Assalamuallaikum Wr.Wb,

Pengasuh yang dirahmati Allah, saya pemuda berusia 27 tahun, memiliki masalah pada bobot tubuh yang ringan (kurus). Perlu diketahui, saya tidak menyukai makanan yang berlemak/bersantan, makan dengan konsumsi yg sedikit sekali, dan berpenyakit maag. Saya juga cenderung memilih-milih makanan, lebih suka buah atau sayuran. Saya seperti orang yang "membenci" makanan. Saya dua tahun terakhir rajin minum susu (pagi dan malam sebelum tidur), akhir-akhir ini pagi saja karena kadang malas menyiapkannya.

Dengan berat badan 56 kg dan tinggi 172 cm, saya terlihat ceking dan bermuka tirus. Bagaimana saya bisa menaikkan berat badan? Saya juga jarang (tidak pernah) berolahraga, waktu lebih banyak bekerja di depan komputer dan beberapa kali dalam seminggu ke lapangan.

Perlukah suplemen untuk orang seperti saya? Dulu saya pernah mencoba beberapa produk, sekedar menjaga agar tidak gampang sakit. Namun berhenti karena takut suplemen vitamin berbahaya, benarkah?

Bagaimana pola makanan yang cocok bagi saya? apa makanan yang praktis yang mudah saya sediakan karena saya juga tinggal di kost yang serba melakukan sendiri. Terimakasih atas jawabannya.

Wassalamuallaikum Wr. Wb.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Sdr Elzam yang dirahmati Allah. Untuk mengetahui apakah berat badan kita ideal dengan tinggi badannya dapat dihitung dengan membagi berat badan (kg) dan kuadrat dari tinggi badan (meter). 
Dari rumus tersebut, maka IMT sdr adalah 18,93 masih dalam kategori normal tetapi berada pada level bawah, sehingga masih kelihatan agak ceking. Untuk menambah berat badan dapat dilakukan beberapa hal, antara lain :
1. Hindari merokok.
2. Olahraga teratur 2- 3 kali seminggu.
3. Makan dengan gizi dan menu yang seimbang dan teratur
4. Memperbanyak konsumsi protein baik yang hewani maupun nabati.
5. Rutinkan mengkonsumsi madu tiap pagi hari.

6. Perbanyak konsumsi buah-buahan yang mengandung lysine dan lemak baik seperti tomat dan alpukat serta temulawak.
Mudah-mudahan dengan cara diatas selain berat badan bertambah, tubuh kita juga lebih sehat. Amien..
Wassalam.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Keringat Berlebih

Jumat, 19/12/2008 16:34

Bekam Untuk Penderita Eksim

Selasa, 16/12/2008 13:18

Sariawan pada Anak

Rabu, 10/12/2008 16:08

Bau pada Ketiak

Selasa, 09/12/2008 23:15

Bibir Serasa Ditarik-tarik

Sabtu, 06/12/2008 17:59

Klinik Sehat Lainnya

Trending