Senin, 28 Safar 1444 H / 26 September 2022

Bau pada Ketiak

Assalamualaikum wr.wb.

Sebelumnya saya igin mengucapkan terima kasih atas jawaban dari pertanyaan saya monggu yang lalu, dan saya sangat puasa atas jawaban dr. Agus.

Sekarang saya ingin konsultasi yg berhubungan dengan masalah Bau Badan khususnya pada ketiak. 

saya mempunyai seorang adik perempuan dia sering mengeluh bau tidak sedap pada ketiaknya. Yang ingin saya tanyakan adalah  :

  1. Bagaimana cara mengilangkan bau pada ketiak ?
  2. Bahayakah jika kita sering menggunakan deodorant untuk menjaga agar ketiak senantiasa tetap kering dan mengurangi bau pada ketiak ?
  3. Adakah resep / cara alami untuk menghilangkan atau paling tidak mengurangi bau pada ketiak  ?

Sekian pertanyaan dari saya,terimakasih.

Assalamualaiku wr.wb

Wa’alaikum Salam wr. wb.
Saudari Shanon yang saya hormati dan Insya’alloh selalu dalam lindungan Alloh SWT. Keringat yang keluar berlebihan di daerah tangan, kaki, wajah, badan atau ketiak sering mengganggu. Hal itu tentu saja sangat mengganggu aktifitas anda. Banyak kemungkinan yang menyebabkan bau keringat itu terjadi diantaranya adalah karena kerja sistem saraf simpatis terlalu aktif, sehingga melebihi jumlah yang dibutuhkan untuk mengatur suhu agar tetap normal. Memang tidak semua orang mengalami gangguan seperti itu. Sebelum anda melakukan pengobatan terhadap bau keringan yang cukup menggangu tersebut, ada baiknya anda mengetahui penyebabnya dahulu.
Dengan begitu, pengobatan yang anda lakukan akan lebih efektif dan cepat dirasakan hasilnya. Pertama yang harus diketahui adalah apa pemicu munculnya bau keringat yang tak sedap tersebut. Beberapa pemicu munculnya keringat yang berlebih atau hiperhidrosis adalah gangguan hipertiroid atau gangguan kelenjar lain, obesitas, menopause dan akibat stres. Bisa juga karena efek samping pengobatan kanker prostat serta gangguan psikiatris yang parah atau malah karena penyebab yang tak jelas.
Cara yang paling tepat untuk menghilangkan bau pada ketiak adalah dengan menjaga tidak terlalu banyak keringat keluar pada tubuh. Yaitu dengan cara selalu menggunakan pakaian yang nyaman, tidak tebal, tidak lembab dan menyerap keringat secara baik. Gantikan cairan tubuh dengan selalu mengkonsumsi banyak minum air putih, buah dan sayur yang tinggi akan air dan vitamin C, seperti buah jeruk, semangka, dll. Konsumsi pula madu dan habbatussauda. Juga hindari makan-makanan perangsang keluarnya keringat seperti sambal/pedas, bersantan, berlemak, berminyak seperti gorengan juga bawang dan daunnya.
Pada penggunaan deodorant gunakanlah produk yang cocok dengan kulit anda, jangan terlampau sering menggunakannya dan sebaiknya gunakanlah setelah mandi. Dan jangan gunakan pada saat anda berkeringat, ini akan menyebabkan perubahan pH tubuh secara cepat dan ini dapat menimbulkan banyak terjadinya kerusakan kulit. Coba anda gunakan batu ”tawas” yang banyak dijual bebas di pasar, selain lebih alami anda dapat rasakan sendiri perubahan keringat yang keluar akan lebih jauh berkurang. Perbanyak berolah raga dan coba lakukan bekam satu bulan sekali untuk mendetoksifikasi tubuh. Selamat mencoba !!!
Wassalamu’alaikum,Wr.Wb.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Bibir Serasa Ditarik-tarik

Sabtu, 06/12/2008 17:59

Tekanan Darah Sering Rendah

Sabtu, 06/12/2008 17:58

Saya Menderita Sakit Apa?

Senin, 01/12/2008 13:15

Alergi Obat

Rabu, 26/11/2008 19:02

Karakteristik Glukoma

Kamis, 20/11/2008 21:11

Alergi Kulit

Rabu, 19/11/2008 16:18

Klinik Sehat Lainnya

Trending