Selasa, 7 Rabiul Awwal 1444 H / 4 Oktober 2022

Benarkah Kopi Dapat Meningkatkan Kadar Kolesterol?

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum

Saya adalah penikmat kopi. Bahkan dalam sehari bisa konsumsi 3 hingga 4 cangkir. Saya pernah membaca bahwa kopi memiliki beberapa efek negatif. Yang saya ingin tahu, apakah konsumsi kopi juga berpengaruh ke kadar kolesterol?

Bpk NN, Tangerang

Jawaban :

Wa’alaykumussalam warahmatullaahi wa barakaatuh

Konsumsi kopi memang memiliki beragam efek. Efek positifnya banyak, namun sebagian efek negatifnya juga harus menjadi perhatian. Beberapa efek negatif kopi di antaranya adalah debar jantung dan juga efek asam lambung. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa kopi berhubungan dengan peningkatan kadar sistein di dalam darah. Kadar sistein merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskuler seperti stroke, penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah perifer. Sebuah metma analisis terbaru menyebutkan bahwa orang yang minum 1 hingga 4 cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena gagal jantung.

Untuk masalah kolesterol, meminum terlalu banyak kopi dapat meningkatkan kadar LDL kolesterol (kolesterol jahat). Peningkatan ini diyakini disebabkan oleh adanya minyak yang disebut terpene yang ditemukan di dalam kopi.

Penelitian menunjukkan bahwa kadar cafestol mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memetabolisme dan mengatur kolesterol. Sementara itu studi lainnya menunjukkan bahwa minum lima cangkir kopi setiap hari, dapat meningkatkan kadar kolesterol darah sebesar 6 hingga 8 persen.

Demikian, semoga bermanfaat.

Dr. Insan Agung N

Minuman Habbatussauda Senikmat Ngopi

Minuman Habbatussauda Senikmat Ngopi

Saran dari TEAM HABBATS INSTITUTE :

Jika anda penikmat kopi dengan kadar yang sudah berlebihan yakni lebih dari 3 cangkir sehari, maka kami menyarankan secara bertahap beralih ke konsumsi HABBATS CAFE. Ini merupakan MINUMAN HABBATUSSAUDA yang sama sekali tidak mengandung kopi di komposisinya. Kandungan habbatussauda yang telah diproses di dalamnya memberikan rasa senikmat kopi dengan tanpa memiliki resiko efek samping dari kopi.

Habbatussauda sebagai minuman juga memiliki khasiat sebagaimana minum kapsul habbatussauda biasa. Karena dengan meminum Habbat’s Cafe yang nikmat, maka itu setara dengan meminum 2 kapsul habbatussauda. Jadi ini merupakan solusi praktis bagi mereka yang tak suka meminum kapsul.

Ditambah lagi, Habbat’s Cafe aman diminum walaupun beberapa cangkir dalam sehari.

Untuk mendapatkan produk HABBATS CAFE , anda dapat menghubungi kontak person kami:

  • 0878 2855 2870 (Denny)
  • 0812 2000 9444 (Mujahid)

Untuk wilayah Jabodetabek pemesanan dan pertanyaan tentang produk bisa kepada :

  • 0812 8380 1892 (Taufik)
  • 0812 1041 7729 (Boby)

Konsultasi gratis dengan team Habbats Institute :

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Klinik Sehat Lainnya

Trending