Sabtu, 15 Jumadil Awwal 1444 H / 10 Desember 2022

EFEK MAKANAN BERLEMAK DAN KELUHAN MAAG

EramuslimAdvertorial

Hari Raya Qurban akan tiba sebentar lagi. Sudah menjadi kebiasaan tahunan, kaum muslimin merayakannya dengan hidangan istimewa, yakni daging. Ada yang disate, gulai atau dibuat kari dengan santan yang menggugah selera.
Rata-rata penikmat makanan berlemak ini lebih mengkhawatirkan tingginya kadar koleterol saat mengkonsumsi hidangan tersebut. Atau lebih mengkhawatirkan naiknya tensi saat mengkonsumsi sate kambing. Padahal tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan korelasi kondisi-kondisi tersebut.

Justru yang luput dari perhatian adalah makanan yang bersantan atau berlemak di atas dapat memicu naiknya asam lambung dan berujung pada munculnya panas dalam. Rata-rata penderita maag atau panas dalam menyangka bahwa makanan yang harus dihindari oleh mereka hanyalah makanan yang asam atau pedas saja.

Padahal ada makanan yang mungkin disangka aman-aman saja untuk gejala maag, ternyata bisa membuat masalah. Sehingga ada yang merasa heran, sudah menghindari makanan pedas dan asam namun gejala maag dan panas dalamnya tidak kunjung reda.
Lantas mengapa makanan berlemak memicu gangguan maag muncul?
Saat seseorang mengkonsumsi makanan berminyak atau berlemak, makanan tinggi lemak ternyata dapat memperparah gejala maag Anda.

Pasalnya, setiap jenis makanan tinggi lemak yang dikonsumsi membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Nah, kandungan lemak ini harus dipecah menjadi partikel-partikel yang lebih kecil terlebih dahulu agar bisa diserap oleh usus halus.

Semakin lama berada di dalam perut Anda, semakin banyak pula asam lambung yang akan dihasilkan untuk membantu mencerna makanan tersebut. Akibatnya, asam lambung ini akan terus naik hingga mencapai kerongkongan.

Sebab lainnya adalah di saat seseorang mengkonsumsi makanan berlemak, hal ini juga akan memicu produksi hormon kolesistokinin secara berlebihan. Hormon kolesistokinin ini berfungsi untuk mengendurkan sfingter esofagus bawah, yaitu katup berotot yang memisahkan antara kerongkongan dan asam lambung. Ketika otot ini jadi rileks alias mengendur, maka tentu tidak ada lagi penghalang bagi asam lambung untuk naik dan mulai mengiritasi kerongkongan.

Itulah sebabnya mengapa Anda dapat mengalami rasa mulas, sakit perut, dan sensasi panas di dada (heartburn) setelah makan makanan tinggi lemak.
Selain itu, makanan berlemak atau berminyak juga bisa memperburuk konstipasi atau sembelit.

Karena makanan yang digoreng atau berminyak membutuhkan waktu lebih banyak untuk dicerna, rendah serat dan dapat membuat perut kembung.

Daftar makanan tinggi lemak jenuh yang sebaiknya dihindari oleh penderita maag di antaranya:

Kentang goreng, keripik kentang, popcorn, dan makanan yang digoreng lainnya
Produk susu tinggi lemak, seperti butter, susu, keju, dan krim asam
Es krim
Daging sapi atau daging kambing
Pizza, burger, dan makanan cepat saji lainnya.

Untuk menanggulangi gangguan maag ini, disarankan mengkonsumsi herbal alami yang mampu meredakan maag dan panas dalam. Berikut 3 macam bahan herbal alami yang dapat dikonsumsi untuk meredakan gangguan akibat maag :

Madu
Melansir dari Healthline, madu adalah bahan alami untuk membantu berbagai masalah pencernaan, seperti diare dan tukak lambung. Sementara itu, madu juga bekerja dalam beberapa cara untuk membantu meringankan gejala refluks (arus balik) asam.

Kurkumin
Kandungan zat kurkuminoid yang banyak terdapat pada kunyit dan temulawak berperan sebagai obat untuk menghilangkan atau melapisi dinding mukosa lambung yang terluka dan menurunkan kadar asam lambung yang terdapat pada lambung. Tidak hanya menurunkan kadar asam lambung ekstrak kurkumin ini dapat juga mencegah kenaikan asam lambung karena mempunyai efek anti reseptor H2 yang digunakan untuk mencegah ulkus lambung akibat pelepasan histamin.

Mint
Mint memiliki kemampuan anti peradangan. Pada kasus asam berlebih, kembung dan kram saluran pencernaan, mint sangat membantu dalam meredakan kondisi tersebut.

Saat ini sudah hadir MADU CURCUMINT, madu yang dikombinasikan dengan Curcuma atau Temulawak dan MINT. Curcuma sangat kaya dengan Curcumin sesuai namanya. Kombinasi dengan madu multiflora akan memberikan efek rasa yang enak. Apalagi dikombinasikan dengan Mint yang membuat MADU CURCUMINT terasa SEGAR SEMRIWING.

Madu Curcumint bisa didapatkan dengan harga ekonomis. Cukup dengan Rp 62.000,- anda akan mendapatkan satu botol Madu Curcumint 250 gram.

Dapatkan Madu Curcumint dengan kontak telepon, SMS atau WA agen/distributor kami di :

Jabodetabek : Jakarta : Maryono (0857 7997 5162), Akbar (0812 9667 3538), Bekasi : Imel (0812 1853 348), Tangerang : Diqi (0815 1014 4515), Bogor : Habib (0857 9348 3765)

Jawa Barat : Bandung : Wawan (0853 1566 4849), Aherie (0853 1669 9994) Alenta Bisnis (0878 2483 8640)

Jawa Tengah : Pekalongan : dr. Ismail (0853 2169 9993), Solo : Syaiful (0815 4850 2158), Sukoharjo : Ani (0858 6580 9535), Marsamti : (0857 2688 4535), Klaten : Erni (0822 2381 0112), Cilacap : Anna (0821 4766 8667)

DI Yogyakarta : Rohmat Abidin (0812 2946 4748)

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Klinik Sehat Lainnya

Trending