Senin, 9 Muharram 1444 H / 8 Agustus 2022

Fistel

Assalamualaikum Wr Wb

Saya Ibu rumah tangga umur 29 tahun. Sudah 2 tahun ini saya mempunyai fistel dan sudah dilakukan operasi pengangkatan fistel pada bulan April 2008 dan April 2009. Dua kali pengangkatan karena tumbuh lagi di tempat yang sama.

Sekarang, pada tempat yang sama tumbuh benjolan berisi cairan lagi, yang kemungkinan berarti tumbuh kembali.

Pertanyaan:

Terapi apa yang bisa digunakan untuk mengobati fistel selain operasi?

terus terang biaya operasi juga sangat tinggi sehingga memberatkan kami. Saya sudah berusaha menghindar makanan berprotein tinggi seperti Ikan dan telur.

Terima kasih… Mohon bantuan dokter

Wasaalamualaikum Wr wb

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Fistel atau fistula adalah sebuah saluran abnormal yang menghubungkan dua ruang. Fistula yang sering dijumpai adalah fistula ani yaitu fistula yang terdapat pada daerah anus (menghubungkan daerah anorektum dengan peri anal).

Biasanya fistula ini didahului dengan timbulnya abses (bisul) dan kemudian bisul tersebut pecah dan meninggalkan suatu celah (saluran) yang kemudian disebut fistel. Saluran (fistel) tersebut merupakan tempat bersenbunyinya bakteri atau kuman, sehingga memudahkan untuk terjadinya abses (bisul) dikemudian hari.

Secara medis untuk menyembuhkan dan menghindari kekambuhan abses, akan dilakukan suatu tindakan menghilangkan fistel secara operatif.

Kemudian setelah sembuh, sebaiknya melakukan tindakan pencegahan antara lain dengan menjaga kebersihan daerah anus, terutama setelah defekasi (b.a.b) harus dibersihkan dengan sabun dan memperbanyak makan buah dan sayur agar defekasi menjadi lunak. Allohu’alam bisshowab

Wassalam.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Penyembuhan Turun Berok

Senin, 13/07/2009 17:25

Mengobati Anemia

Sabtu, 11/07/2009 18:47

Cacar Air

Sabtu, 11/07/2009 17:56

Buah Zakar Tidak Normal ?

Sabtu, 13/06/2009 18:28

Klinik Sehat Lainnya

Trending