Jum'at, 3 Rabiul Awwal 1444 H / 30 September 2022

HABBATUSSAUDA UNTUK IBU HAMIL DAN MENYUSUI, AMANKAH ?

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum

Saya mau bertanya tentang keamanan minum habbatussauda bagi wanita hamil dan menyusui. Apakah aman bagi ibu hamil dan menyusui mengkonsumsi habbatussauda?

Terimakasih atas tanggapannya.

(Ibu NN, di Cimahi)

Jawaban :

Wa’alaikumussalam

Adalah satu review ilmiah berjudul : A Review of Medicinal Uses and Pharmacological Activities of Nigella sativa, yang dimuat di Pakistan Journal Biological Sciences tahun 2004, yang disusun oleh Anwarul Hasan Gilani, Qaiser Jabeen dan Muhammad Asad Ullah Khan dari Department Biological and Biomedical Sciences, The Aga Khan University Medical College, Karachi, Pakistan. Di dalam tulisan tersebut disebutkan bahwa Habbatussauda telah lama digunakan sebagai bahan untuk menggugurkan kandungan. Disebutkan juga bahwa penggunaan untuk menggugurkan kandungan tersebut memakai dosis yang tinggi.

Dalam satu tulisan berjudul: Review of Uses Nigella sativa : Traditional Medicine, A. Raza dkk, Faculties if Veterinary Science and Basic Science, University of Agriculture, Faisalabad, Pakistan, Int. J. Agri. Biol. Vol I. No. 3 1999 juga disebutkan : Dimana maknanya kurang lebih menyebutkan bahwa ekstrak air panas dari habbatussauda dalam dosis besar bisa menyebabkan aborsi (keguguran) pada wanita hamil. Demikian juga jika mengkonsumsi biji habbatussauda dalam dosis besar akan menyebabkan keguguran/abortus.

Dalam penelitian pada binatang tikus oleh ilmuwan India, disimpulkan dari penelitiannya tersebut bahwa ekstrak methanol dari habbatussauda dengan dosis 2 gram/Kg bb secara signifikan menimbulkan induksi foetal resorbtion pada tikus hamil setelah usia janin 14 hingga 16 post coitum. Dengan kata lain menginduksi aktivitas abortus janin. (Velmurugan R, dkk Department of Pharmacy, Annamalai University, Annamalai Nagar-608 002,India. Post Coital Antifertility Activity of Nigella sativa, Asian Journal of Chemistry , 2007)

Dengan berbekal referensi beberapa hasil penelitian di atas, seyogyanya ibu hamil tidak mengkonsumsi habbatussauda apalagi dalam dosis besar, terutama pada kehamilan trimester 1 dan trimester 2.

Adapun untuk ibu menyusui, Habbatussauda aman bagi ibu menyusui. Bahkan sangat dianjurkan dikonsumsi ibu menyusui dikarenakan Habbatussauda memiliki khasiat memperbanyak produksi ASI. Sehingga bagi ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi Habbatussauda beberapa minggu menjelang persalinan.

Demikian semoga membantu.

TEAM HABBATS INTITUTE

  • Untuk mendapatkan produk HABBAT’S , anda dapat menghubungi kontak person kami :
    — 0878 2855 2870 (Bapak Denny)
  • Untuk wilayah Jabodetabek pemesanan dan pertanyaan tentang produk bisa kepada :
    — 0812 8380 1892 (Bapak Taufik)
  • Konsultasi sehat gratis dengan team Habbats Institute :
    [email protected]

img-20161203-wa0000

insta2Instagram : Habbats_Institute

twitt1Twitter : Habbats_Institute

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

HERBAL ALAMI NUTRISI OTAK

Rabu, 30/11/2016 09:20

TERAPI PENYAKIT MAAG

Selasa, 29/11/2016 09:49

Sakit Sendi Lutut

Senin, 28/11/2016 16:12

Klinik Sehat Lainnya

Trending