Kamis, 10 Rajab 1444 H / 2 Februari 2023

Hernia Bertahun-tahun.

Assalamualaikum Wr.Wb.

Saya mau tanya bagaimana jika hernia tidak di obati (operasi) yg telah diderita bertahun-tahun ? Apakah akan memberi efek negatif  pada kesehatan? Saya menderita hernia semenjak bayi & sekarang umur saya 20 thn. Selain operasi, apakah ada cara lain untuk menyembuhkannya?

Jazakallah khoiron katsir…

Hamba Allah.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Hamba Alloh yang berbahagia.

Hernia merupakan protusi/penonjolan isi rongga melalui defek atau bagian lemah dari dinding rongga yang bersangkutan.

Hernia yang sangat umum dikenal di masyarakat adalah hernia yang terletak di lipat paha (selangkangan/ingunal) yang isinya biasanya masuk ke kantong buah pelir (scrotum). Meskipun dalam dunia kedokteran hernia bisa terjadi di lokasi lain dari tubuh manusia, antara lain hernia diafragma, umbilical,  femoral dan lainnya.

Berdasarkan terjadinya, dibagi atas hernia kongenital/bawaan dan hernia yang didapat.

Sedangkan berdasarkan sifat masuk keluarnya isi hernia, hernia dibedakan lagi menjadi hernia reponibel yaitu jika isi hernia dapat masuk dan keluar dengan bebas, sehingga hanya menimbulkan keluhan munculnya benjolan yang hilang timbul tanpa disertai rasa sakit. Hernia ireponibel yaitu jika isi kantung hernia tidak dapat dikembalikan ke dalam rongga.

Hernia reponibel bisa menjadi hernia ireponibel akibat perlekatan isi kantung pada perineum kantong hernia, atau adanya jepitan isi hernia oleh cincin hernia. Hal ini akan menimbulkan keluhan sakit, mual, muntah dan kembung. Dan jika terjadi hal demikian, biasanya diperlukan tindakan operasi emergency (segera).

Dari keluhan yang Anda sampaikan, kemungkinan besar Anda mengalami hernia inguinalis reponibel dan kongenital (dibawa sejak lahir). Hernia reponibel ini tidak menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan secara umum. Hanya saja  hernia ini dapat berubah menjadi hernia yang irreponibel dan mengharuskan operasi segera.

Sepengetahuan kami, saat ini belum ada pengobatan hernia selain operasi. Operasi merupakan jalan terakhir yang memang harus ditempuh oleh penderita hernia untuk menghindari terjadinya hernia ireponibel dan menyebabkan komplikasi lainnya. Allohu’alam bisshowab (/sf)

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Buah Zakar Tiga ???

Rabu, 03/06/2009 20:35

Infertilitas

Senin, 01/06/2009 17:09

Ukuran Payudara & Terapi Hepatitis B

Senin, 01/06/2009 16:38

Hemangioma

Kamis, 28/05/2009 10:57

Infeksi Saluran Kencing

Kamis, 28/05/2009 09:50

Klinik Sehat Lainnya

Trending