Selasa, 4 Jumadil Awwal 1444 H / 29 November 2022

Inilah 12 Saran Yang Dapat Dilakukan Agar Dapat Berhenti Merokok

rokokKebiasaan merokok memang sangat sulit untuk dihentikan. Dibutuhkan persiapan psikologis untuk berhenti dari kebiasaan yang buruk ini. Begitu pula dukungan keluarga, dan berusaha keras untuk menjauhi kebiasaan ini akan turut membantu seseorang untuk tidak kembali lagi.

Memang berhenti merokok bukanlah keputusan yang mudah, namun sementara itu situs “Gezonheid” di Jerman menerbitkan 12 saran yang dapat dilakukan bagi para perokok agar dapat menhentikannya dari kebiasaan merokok.

  1. Tentukan tanggal. Yaitu tentukan tanggal yang akan menjadi batas terakhir anda berhenti merokok.disarankan berada dalam jangka waktu dua sampai tiga minggu saja.
  2. Sibukkan diri dengan aktifitas yang produktif. Seperti olahraga atau yang lainnya, untuk mengalihkan perhatian anda dari merokok, dan juga disarankan untuk menyingkirkan jauh-jauh semua rokok yang anda miliki.
  3. Minumlah banyak air. Sebisa mungkin selalu tersedia di samping anda air atau juz, minumlah sesering mungkin, dan gantilah warisi juz anda agar tidak bosan.
  4. Manjakan diri anda. Maksudnya adalah uang yang selama ini untuk membeli rokok anda bias pergunakan untuk membeli sesuatu yang anda inginkan sebagai hadiah bagi anda karena berusaha berhenti merokok.
  5. Perbanyaklah menggerakkan badan anda. Euphoria fisik dapat mengarah pada perbaikan suasana hati.
  6. Makanlah makanan yang bergizi tinggi. Selalu lengkapi makanan dengan gizi yang seimbang, makanlah buah-buahan dan sayuran, dan jangan terlalu banyak makan permen atau sejenisnya.
  7. Hindari lingkungan merokok. Jauhi sebisa mungkin tempat-tempat yang biasa digunakan orang untuk merokok, dan jangan duduk bersama orang-orang yang merokok dan jauhi kopi jika itu mengingatkan anda akan merokok.
  8. Lawan keinginan anda untuk merokok. Sesering mungkin anda melawan keinginan anda untuk merokok akan dapat memfokuskan pikiran anda pada sesuatu yang lain.
  9. Pelajari gejala-gejala yang akan terjadi jika anda berhenti merokok.
  10. Terapi Nikotin. Dalam beberapa kasus dianjurkan untuk mengambil obat yang mengandung nikotin agar anda tidak kembali merokok lagi.
  11. Nikmati hari-hari anda.
  12. Jangan mengimngat perasaan saat anda merokok. Cobalah menyingkirkan segala sesuatu yang berhubungan dengan rokok. Dan ingatlah bahwa sekali anda kembali merokok itu sama saja anda telah memulai kembali kebiasaan lama yang berusaha anda ubah. (hr/im)

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Suka Berdahak Kalau Cuaca Dingin

Selasa, 04/02/2014 15:14

Keluar darah saat BAB

Selasa, 26/10/2010 22:08

Campak Pd Bayi 6 Bulan

Selasa, 26/10/2010 22:08

Klinik Sehat Lainnya

Trending