Sabtu, 14 Muharram 1444 H / 13 Agustus 2022

Mampukah Obati Vitiligo (Bercak Putih di Punggung Tangan) dengan Habbatussauda

EramuslimAdvertorial

MAMPUKAH MINYAK HABBATUSSAUDA MENGATASI VITILIGO?

Pertanyaan :
Assalamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh
Saya memiliki keluhan adanya bercak putih di punggung telapak tangan. Menurut dokter kulit namanya Vitiligo. Yang hendak saya tanyakan, apakah bisa ditolong dengan pengobatan minyak habbatussauda? Terimakasih atas jawabannya.

Henry Bantul, Yogyakarta

Jawaban:
Wa’alaykumussalam wa rahmatullaahi wa barakaatuh
Vitiligo adalah penyakit kulit karena faktor autoimun yang menyebabkan bintik-bintik putih akibat hilangnya sel-sel pigmen kulit (melanocytes). Hal ini dapat mempengaruhi individu dari semua warna kulit namun lebih terlihat pada individu dengan warna kulit gelap.
Uji coba klinis acak ganda pernah dilakukan untuk membandingkan pengaruh minyak Nigella sativa atau Habbatussauda dengan minyak ikan terhadap perbaikan lesi vitiligo. Ini dilakukan di sebuah rumah sakit bergengsi di Iran.

52 pasien vitiligo diujicoba secara total dan dipecah menjadi masing-masing kelompok. Pasien mengoleskan minyak ke lesi bercak kulit dua kali sehari selama enam bulan. Selama masa perawatan, lesi kulit pasien dievaluasi oleh pengamat menggunakan metode skoring Vitiligo Area Scoring Index (VASI).


Hasilnya…
Setelah enam bulan, skor rata-rata VASI menurun dari 4,98 menjadi 3,75 pada pasien yang menerapkan Nigella sativa atau Habbatussauda topikal, dan dari 4,98 menjadi 4,62 pada mereka yang menggunakan minyak ikan topikal. Sebagian besar prosentase peningkatan diamati pada ekstremitas atas, batang, kepala, dan leher dari mereka yang menerima Nigella sativa dan kepala, leher, batang, dan kaki mereka yang menerima minyak ikan. Tidak ada efek samping yang dilaporkan oleh pasien.
Peneliti menyimpulkan bahwa salah satu alasan yang menyebabkan adanya respon positif terhadap pengobatan adalah komponen thymoquinone dari Nigella sativa. Thymoquinone, penyusun utama biji Nigella sativa, melindungi sel-sel melawan kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh berbagai radikal bebas patologis. Thymoquinone dapat mensimulasikan aktivitas asetilkolin, yang menyebabkan pelepasan melanin dan penggelapan kulit melalui stimulasi reseptor kolinergik.

Kesimpulannya, penggunaan minyak Habbatussauda mampu mengurangi proses depigmentasi akibat vitiligo, dan memperbaiki pigmentasi sehingga bercak vitiligo berkurang.

Penelitian tersebut diambil dari sumber :
Ghorbanibirgani A, Khalili A, Rokhafrooz D. Comparing Nigella sativa Oil and Fish Oil in Treatment of Vitiligo. Iran Red Crescent Med J. Jun 2014; 16(6): e4515. Published online Jun 5, 2014

Untuk Informasi & pemesanan anda bisa menghubungi :

Team Internet Marketing Habbats Tlp/WA : 082116884948
Atau belanja langsung di akun Marketplace kami di :
https://www.tokopedia.com/herbalsehatnabi?nref=shphead dan https://www.bukalapak.com/u/habbats?from=dropdown
Untuk informasi lengkap dapat mengakses ke www.habbats.co.id

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Rekomendasi

Jualan Nasi Padang di Pinggir Rel

Senin, 07/09/2009 10:06

Bosnia 1995 (Renunganku)

Sabtu, 26/07/2008 11:03

Selamat Tahun Baru…

Kamis, 10/01/2008 05:31

Jokowi, Anda Pengecut !

Sabtu, 05/11/2016 08:34

Bimbang Dalam Menikah

Jumat, 23/05/2008 07:28

Baca Juga

Klinik Sehat Lainnya

Trending