Selasa, 17 Muharram 1444 H / 16 Agustus 2022

Manakah yang Lebih Bagus, Konsumsi Bentuk Minyak ataukah Biji?

Tanya :

Sebagian kalangan menyebut bahwa menggunakan minyak akan memberikan efek yang lebih baik daripada menggunakan biji-bijian untuk terapi, benarkah anggapan ini? Lantas sebaiknya yang paling bagus konsumsi yang mana, bijinya atau minyaknya?

(Denny Ramdan, Bandung).

Jawab :

Dengan bentuk minyak, kandungan zat aktif sudah tersarikan ke dalamnya, tanpa harus mengikutkan bagian yang tidak perlu. Maka dosisnyapun menjadi lebih kecil dan praktis.

Namun harus dipahami juga bahwa bagian kulit biji Habbatussauda pun memiliki kandungan yang bermanfaat. Sehingga ketika hanya mengkonsumsi bagian minyaknya, khasiat yang terdapat pada kulit bijinya tidak akan ikut terkonsumsi.

Memang sebagian besar zat aktif Habbatussauda terdapat di dalam minyak volatilnya, namun pada tahap riset ternyata terdapat perbedaan khasiat ketika seseorang mengkonsumsi biji dibadingkan dengan mengkonsumsi minyak, terutama pada penggunaan untuk menurunkan kadar trigliserida darah.

Lebih bagus mana antara konsumsi minyak dan biji ? Tergantung tujuan penggunaannya. Karena masing-masing memiliki keunggulan dan juga kekurangan. Keunggulan bentuk minyak, adalah pada kandungan zat aktif yang lebih tinggi dibandingkan dengan bentuk serbuk biji dengan berat yang sama.

Namun kekurangannya rasa dan aromanya begitu menyengat di tenggorokan sehingga seringkali banyak konsumen yang mengeluh susah menelannya. Kekurangan yang lain adalah kehilangan khasiat yang terdapat pada kulit bijinya.

Sedangkan keunggulan bentuk serbuk biji adalah kandungan kulit biji yang merupakan serat yang bermanfaat bagi pencernaan, sekaligus tidak begitu menyengat aroma dan rasanya dibandingkan dengan bentuk minyak.

Namun dibutuhkan dosis yang besar ketika digunakan sebagai terapi.
Adapun bentuk minyak juga unggul untuk penggunaan yang memang dibutuhkan pada kasus-kasus penggunaan topical atau penggunaan untuk olesan dan tetes.

TEAM HABBAT’S INSTITUTE

Untuk konsultasi perihal habbatussauda dan juga perihal penyakit lebih lanjut, bisa menghubungi :

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Minuman Sehat Habbatussauda ..

Selasa, 22/11/2016 17:04

Seputar Habbatussauda ..

Minggu, 20/11/2016 17:30

Herbal untuk penyakit Liver ..

Kamis, 17/11/2016 11:13

Klinik Sehat Lainnya

Trending