Kamis, 6 Jumadil Awwal 1444 H / 1 Desember 2022

MANFAAT SEREH BAGI KESEHATAN TUBUH SESEORANG, SANGAT DIBUTUHKAN SAAT MASA PANDEMI

EramuslimAdvertorial

Sebagian dari kita pasti sudah tidak asing dengan tumbungan yang banyak kita temui di negara kita ini, bahkan beberapa orang memang sengaja menanamnya dihalaman rumah atau perkebunan. Siapa sangka sereh yang biasa kita kenal sebagai bumbu masakan ini memiliki manfaat banyak bagi kesehatan tubuh kita, bahkan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita dimasa pandemi seperti ini, agar imunitas tubuh kita selalu terjaga dari berbagai macam virus.

Ada beberapa temuan studi , yang membahas tentang khasiat dari sereh. Berikut ringkasan dari beberapa studi tentang tanaman sereh :

Efek Anti-amOEBA
Amoebiasis atau amebiasis adalah infeksi parasit Entamoebae histolytica atau E. histolytica di usus. Amebiasis sering terjadi di negara-negara tropis dan negara berkembang yang memiliki sistem sanitasi yang buruk, termasuk Indonesia. Minyak esensial sereh dalam kultur kaldu, aktif terhadap amoeba Entamoeba histolytica

Aktivitas Antibakteri
Fraksi kromatografi minyak esensial dalam cawan agar-agar aktif pada Bacillus subtilis, Escherichia coli, Staphylococus aureus  dan Salmonella paratyphi dan Shigella flexneri . Aktivitas ini ditunjukkan pada dua dari tiga komponen utama minyak. diidentifikasi melalui metode kromatografi dan spektrometri massa. Sementara komponen α-citral (geranial) dan β-citral (neral) secara individual menimbulkan aksi antibakteri pada organisme gram negatif dan gram positif. Sedang komponen ketiga, myrcene, tidak menunjukkan aktivitas antibakteri yang dapat diamati sendiri. Ekstrak juga aktif ketika ekstrak minyak atsiri dioksidasi melalui metode oksigen aktif.

Aktivitas Antidiare
Rebusan batang sereh Cymbopogon citratus mengurangi keluaran feses/tinja dengan cara yang bergantung pada dosis.

Aktivitas Antifilaria
Penyakit filaria merupakan infeksi menular yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit ini dapat tertular melalui perantara berbagai jenis nyamuk. Saat terinfeksi, penderitanya akan mengalami pembengkakan pada tungkai bawah kaki. Hal tersebut membuat filariasis juga dikenal dengan sebutan penyakit kaki gajah.
Ekstrak air panas dari daun kering yang diberikan secara intragastrik pada tikus, aktif ketika dibandingkan dengan edema kaki yang diinduksi carrageenin.

Aktivitas Antimalaria
Minyak esensial Cymbopogon citratus ditemukan menghasilkan 86,6% penekanan dalam pertumbuhan Plsmodium berghei bila dibandingkan dengan klorokuin (mengambil asumsi nilai hambatan oleh klorokuin sebagai 100%).

Antimutagenisitas
Mutagenisitas dalah proses di mana informasi genetik suatu organisme diubah, menghasilkan mutasi . Ini mungkin terjadi secara spontan di alam, atau sebagai akibat dari paparan mutagen . Ekstrak etanol dari ekstrak serai menunjukkan aktivitas antimutagenik dalam berbagai model. Dan menhambat pertumbuhan sel fibrosarcoma yang ditransplantasikan pada tikus berkaitan dengan pencegahan metastasis paru-paru. Ekstrak tumbuhan ini diketahui menunjukkan penghambatan pada pembentukan aduk DNA yang diinduksi azoxymethane dan pembentukan titik crypt yang menyimpang di usus besar tikus. Terlihat efek penghambatan dari ekstrak tumbuhan pada fase awal hepatokarsinogenesis setelah inisiasi dengan dietilnitrosamin pada 344 tikus Fischer jantan.

Aktivitas Antimikobakteri
Minyak esensial di media plate agar aktif pada Mycobacterium smegaris

Efek Antinociceptive
Nociceptive disebabkan oleh kerusakan pada tubuh dan memfungsikan fungsi perlindungan. Misalnya termasuk somatic pain seperti sendi, osteoarthritis, nyeri punggung atau cidera dan nyeri sehabis operasi. Minyak esensial Cymbopogon citratus memiliki aktivitas antinosiseptif yang signifikan. Membandingkan hasil yang diperoleh dengan tiga model eksperimental nosisepsi yang berbeda (hot-plate, penggulungan yang diinduksi asam asetat dan uji formalin), kita dapat berspekulasi bahwa minyak esensial bekerja baik di perifer maupun di tingkat pusat.

Aktivitas Obat Cacing
Sereh bisa menjadi obat cacing. Karena minyak esensial daun segar memiliki aktivitas obat cacing

 

Anti Radikal Bebas dan Efek Antioksidan
Ekstrak metanol, MeOH / air, infus dan rebusan Cymbopogon citratus terbukti memiliki efek pembersihan radikal bebas dengan mengukur pemutihan radikal 1, 1-difenil-2-pikril-hidrazil (DPPH), menghilangkan anion superoksida dan penghambatan enzim xantin oksidase dan peroksidasi lipid dalam eritrosit manusia.

Efek Hipokolesterolemik
Konsentrasi kolesterol yang meningkat secara signifikan diturunkan pada hewan yang diberi ekstrak tumbuhan. Penurunan ini ditemukan tergantung pada dosis. Hasil ini menunjukkan bahwa ekstrak tersebut memiliki potensi hipokolesterolemik.

Efek Pada Syaraf
Minyak esensial efektif dalam meningkatkan waktu tidur. Selain itu, minyak esensial menunda kejang klonik yang diinduksi oleh pentylenetetrazole dan memblokir ekstensi tonik yang diinduksi oleh kejut listrik maksimal, menunjukkan peningkatan ambang kejang dan / atau penyumbatan penyebaran kejang.

Judul Riset : Scientific basis for the therapeutic use of Cymbopogon citratus, stapf (Lemon grass), diterbitkan oleh Journal of Advance Pharmacoceutical Technology and Research 2011 Sumber : https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3217679/

Begitu banyak manfaat yang diberikan dari daun sereh, namun terkadang kita tidak bisa mengkonsumsinya secara langsung, kita hanya bisa mengkonsumsinya dari kaldu masakan yang hanya memiliki sangat sedikit kandungan serehnya.

Tenang!!! Sudah ada GINGJER JMH, kita bisa mendapatkan manfaat sereh dengan cara yang sangat nikmat. Tinggal seduh GINGJER JMH langsung nikmati dan rasakan manfaatnya.

Team Internet Marketing kami
Untuk info pemesanan dan keagenan
Telp./Wa : 081313230720
Instagram : @ginjerjmh

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

APAKAH NORMAL SPERMA ANDA ? BACA INI

Kamis, 15/10/2020 18:10

Klinik Sehat Lainnya

Trending