Senin, 3 Zulhijjah 1443 H / 4 Juli 2022

Menakjubkan! Ternyata bahan Thibbun Nabawi Ini Memiliki Efek Diuretik

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum

Saya penderita hipertensi yang oleh dokter rutin diberi obat HCT. Sebenarnya fungsi obat itu apa ya? Adakah obat herbal yang memiliki efek yang serupa?

Terimakasih atas jawabannya

Bp Anwar H, Bekasi

Jawaban :

Wa’alaikumussalam warahmatullaahi wa barakaatuh

Perlu diketahui bahwa obat yang dimaksud adalah jenis obat diuretik. Diuretik adalah obat yang dapat membantu mengeliminasi garam sodium dan air dari dalam tubuh. Diuretik bekerja dengan meningkatkan sistem kerja ekskresi atau pengeluaran garam sodium dalam urine oleh ginjal. Sewaktu ginjal mengeluarkan garam sodium, air dari dalam darah juga dikeluarkan bersamanya. Hal itu mengurangi jumlah cairan yang mengalir melalui pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan pada dinding arteri.

Dengan kata lain, sebagian mengartikan Diuretik sebagai bahan/obat yang dapat menambah kecepatan pembentukan urin. Dan memang setelah minum obat/bahan diuretic, seseorang akan lebih sering buang air kecil sebagai akibatnya.

Berkaitan dengan fungsinya tersebut biasanya bahan diuretic digunakan pada kasus kasus penyakit tertentu. Diantaranya disebutkan di bawah ini:

  1. Tekanan darah tinggi, dimana banyak penderita tekanan darah tinggi efektif diobati dengan diuretik, dan dianjurkan untuk tetap diet rendah garam. Dengan mengurangi volume darah, maka diuretik dapat menurunkan tekanan darah.
  2. Gangguan jantung, dengan membuang kelebihan cairan dari tubuh, diuretik dapat meringankan Edema (pembengkakan akibat kelebihan cairan) yang biasanya terjadi pada gagal jantung. Penting bagi penderita gagal jantung yang menggunakan diuretik untuk hati-hati mengontrol kadar garam elektrolit mereka. Penderita gagal jantung yang diresepkan diuretik sering kali jadi bergantung pada pengobatan ini seumur hidupnya.
  3. Gangguan ginjal, diuretik sering digunakan untuk mengobati penderita masalah gagal ginjal, meskipun hal itu juga sering kali malah memperburuk keadaan. Untuk itu perlu pengawasan dari dokter ahli.
  4. Masalah liver, diuretik dapat memulihkan kerusakan dan luka parut dari jaringan liver yang disebabkan oleh penumpukan cairan di dalam liver.
  5. Hypercalcemia, kelebihan kadar kalsium dalam darah dapat diobati dengan diuretik.
  6. Diabetes Insipidus (DI), yang ditandai oleh pengeluaran urin yang berlebihan dan merasa haus terus-menerus. Beberapa tipe diuretik berhasil mengurangi volume urin pada banyak penderita.
  7. Glaukoma, beberapa diuretik dapat digunakan untuk merawat penyakit mata ini, ketika meningkatnya tekanan dalam bola mata dapat merusak dan hilangnya penglihatan secara bertahap.
  8. Cerebral Edema, beberapa diuretik dapat mengobati pembengkakan otak yang berpotensi mematikan, yang diakibatkan oleh pendarahan, trauma, penyakit atau pembedahan.

Tentang bahan herbal, beberapa zat memiliki efek diuretik, di antaranya teh, coklat, kopi dan juga habbatussauda. Khusus habbatussauda

kami sebutkan dahulu beberapa tulisan dan penelitian yang berkaitan dengan hal tersebut.

  1. Sebuah riset dengan judul “Diuretic and hypotensive effects of Nigella sativa in the spontaneously hypertensive rat” yang dilakukan oleh ilmuwan di Université Hassan II, Faculté des Sciences, Département de Biologie, Maârif, Casablanca, Maroco, meneliti efek extrak Habbatussauda dosis 0,6 ml/Kg/hari terhadap binatang tikus.

Hasilnya: terjadi peningkatan proses diuresis sebesar 16% setelah penggunaan  ekstrak Habbatussauda selama 15 hari, yang mana dibandingkan dengan pemberian furosemid dosis 5 mg/Kg/hari yang diuresisnya naik 30%. Selain itu terjadi pula peningkatan ekskresi dari Cl-, Na+, K+, dan urea dari urin.  Selain terjadi proses diuresis, dosis tersebut juga menurunkan tekanan darah arterial hingga 22% dibandingkan dengan pemberian Nifedipin dosis 0,5 mg/Kg/hari yang hanya turun sebesar 18% saja. Penelitian dilakukan pada tahun 2000.

  1. Penggunaan diuretic pada orang dewasa juga dilaporkan pada studi yang berjudul “Culpeper Complete Herbal” tahun 1950. Juga pada penelitian yang dilakukan Zawahry dengan riset berjudul “Isolation of a New Hypotensive Fraction from Nigella sativa Seeds” pada tahun 1964. Bahkan peneliti dari Thailand pun melaporkan hal yang sama pada satu tulisan berjudul “Identification of Some Thai Medicinal Plants” yang dimuat di Mahidol University Journal of Pharmacology Sciences tahun 1982.

Bahan yang digunakan adalah biji habbatussauda yang direbus, kemudian diminum air hasil rebusannya.

TEAM HABBAT’S INSTITUTE

Herbal Alami Membantu Efek Diuretik

Herbal Alami Membantu Efek Diuretik

Untuk membantu mendapatkan efek diuresis, kami menganjurkan konsumsi HABBAT’S KAPSUL dosis 6 kapsul sekali minum.
Atau minum NIGELLIVE dosis 5 kapsul sekali minum.

Untuk mendapatkan produk HABBAT’S KAPSUL dan NIGELLIVE , anda dapat menghubungi kontak person kami:

  • 0878 2855 2870 (Denny)
  • 0812 2000 9444 (Mujahid)

Untuk wilayah Jabodetabek pemesanan dan pertanyaan tentang produk bisa kepada :

  • 0812 8380 1892 (Taufik)
  • 0812 1041 7729 (Boby)

Konsultasi gratis dengan team Habbats Institute :

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Rekomendasi

Negeri Kita Dizalimi Iklan Menyesatkan

Selasa, 01/07/2008 09:25

Al-Madinah University XX

Jumat, 01/05/2009 17:02

Belajar Dari Revolusi Di Mesir

Minggu, 20/02/2011 05:49

legalisasi renungan

Kamis, 22/12/2005 09:25

Mereka Membuatku Menangis

Jumat, 02/10/2009 14:02

Shalat Shubuh di Pesawat Terbang

Jumat, 16/11/2007 16:30

Standar Pornografi

Rabu, 01/02/2006 15:17

Baca Juga

Klinik Sehat Lainnya

Trending