Ahad, 15 Muharram 1444 H / 14 Agustus 2022

Mencengangkan! Inilah Efek Minyak Zaitun Terhadap Pencernaan

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh

Saya adalah konsumen rutin minyak zaitun yang diproduksi PT Habbatussauda International. Alhamdulilah kondisi saya senantiasa fit. Hanya saya ada pertanyaan berkaitan dengan efek minyak zaitun ke lambung. Apakah konsumsi terus menerus minyak zaitun berefek negatif terhadap lambung, mengingat ini adalah minyak? Terimakasih atas jawabannya.

Ny Ella, Tasikmalaya

Jawaban :

Wa’alaikumussalam warahmatullaahi wa barakaatuh

Alhamdulillah, semoga ibu senantiasa dikaruniai kesehatan. Perihal efek samping minyak zaitun ke lambung dan saluran cerna, berikut kami sampaikan data-data ilmiah berkaitan dengan itu.

Beberapa manfaat Zaitun bagi pencernaan dapat dijelaskan sebagai berikut:

Mendorong Produksi Peptida

Setelah makanan ditelan, tubuh mengambil alih peran dengan cara mensekresi asam  dan senyawa lain yang membantu memecah makanan dan mengangkut nutrisi seluruh tubuh. Menurut M. Carmen Ramirez-Tortosa dan Parveen Yaqoob, penulis “Minyak Zaitun dan Kesehatan,” minyak zaitun  meningkatkan produksi peptida, yang mendukung pencernaan dan membantu dalam penyerapan nutrisi yang sehat. Konsumsi secara teratur minyak zaitun akan menjaga usus bekerja secara efisien dengan mengambil apa yang dibutuhkan untuk kesehatan  dan menghilangkan sisanya dalam limbah atau kotoran.

Mengurangi Reflux

Makan dengan cepat, serta makan makanan tinggi lemak, dapat menyebabkan refluks lambung dan nyeri ulu hati. Gejalanya ditandai dengan rasa terbakar di perut, tenggorokan atau kerongkongan karena konsentrasi tinggi asam dari tubuh  berusaha untuk mencerna jenis makanan yang tidak sehat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam edisi “Gracas y Aceites,” sebuah jurnal yang berfokus pada peran lemak dan minyak dalam makanan manusia 2004, menyebutkan bahwa minyak zaitun dapat mengurangi sekresi asam lambung. Minyak zaitun dapat menenangkan dan mencegah refluks lambung, yang berarti lebih sedikit asam datang kembali. Minyak zaitun juga dicerna lebih lambat sehingga seseorang mungkin makan lebih sedikit dan lebih lambat, yang akhirnya membantu mencegah refluks juga.

Bermanfaat bagi Kesehatan Usus

Usus besar dan usus halus sangat penting dalam proses pencernaan makanan  untuk mendapatkan nutrisi yang kemudian didistribusikan ke seluruh tubuh. Konsumsi minyak zaitun dapat meningkatkan efisiensi kerja usus. Minyak zaitun juga membantu usus agar dapat menyerap lebih banyak vitamin dan mineral dari makanan yang  dimakan, yang membuatnya bermanfaat bagi orang yang menderita gangguan pencernaan.

Beberapa peneliti dari School of Medicine, University of East Anglia Inggris, mengikuti perkembangan lebih dari 25.000 orang, yang berusia 40-65 tahun, antara 1993 dan 1997. Tak seorang peserta pun menderita radang usus besar pada awal riset. Hingga tahun 2002, ada 22 peserta terserang penyakit radang itu. Para peneliti tersebut membandingkan makanan semua orang itu dengan mereka yang tak terserang penyakit tersebut dan mendapati bahwa mereka yang mengonsumsi paling banyak “oleic acid” yang terdapat pada minyak zaitun,  menghadapi kemungkinan 90 persen lebih kecil untuk terserang ulcerative colitis atau penyakit akibat radang usus besar. Dari fakta ini para ahli di Inggris mengindikasikan bahwa peningkatan konsumsi minyak zaitun dapat menekan resiko mengidap ulcerative colitis atau penyakit akibat radang usus besar.

Demikian, semoga dengan ini ibu tidak lagi khawatir untuk rutin mengkonsumsi Habbat’s AZ ZAITUN atau NIGELLIVE yang juga mengandung minyak zaitun dari PT Habbatussauda International.

TEAM HABBAT’S INSTITUTE

Zaitun, Membantu Kesehatan Saluran Pencernaan

Zaitun, Membantu Kesehatan Saluran Pencernaan

Untuk mendapatkan produk HABBAT’S AZ ZAITUN dan NIGELLIVE, anda dapat menghubungi kontak person kami:

  • 0878 2855 2870 (Denny)
  • 0812 2000 9444 (Mujahid)

Untuk wilayah Jabodetabek pemesanan dan pertanyaan tentang produk bisa kepada :

  • 0812 8380 1892 (Taufik)
  • 0812 1041 7729 (Boby)

Konsultasi gratis dengan team Habbats Institute :

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Klinik Sehat Lainnya

Trending