Jum'at, 13 Muharram 1444 H / 12 Agustus 2022

MENGENAL FUNGSI OTAK DAN PERAWATANNYA MENGGUNAKAN HABBATS HABBASY PLUS

EramuslimAdvertorial – Otak adalah organ pada tubuh manusia yang terletak di dalam kepala dan dilindungi oleh tengkorak kepala. Posisi otak ini sangat dekat dengan sensor indera, yaitu indera pendengaran, pengelihatan, penciuman, dan perasa. Pada dasarnya, otak merupakan sumber sistem syaraf yang dimiliki baik oleh binatang maupun manusia. Pada manusia, otak merupakan organ tubuh yang sangat kompleks yang berfungsi sebagai pengendali sistem syaraf, dan setiap sistem syaraf memiliki tugas dan fungsi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, otak sangat mempengaruhi aktivitas hidup manusia.

Ukuran otak tidak terlalu besar, saat pertama kali dilahirkan, otak pada manusia memiliki berat 35-400 gram. Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan hidup seseorang, ukuran sel otak akan semakin bertambah besar, tetapi dengan jumlah yang tetap. Bertambahnya ukuran sel tersebut, mengakibatkan hubungan antar sel semakin kompleks. Ukuran sel otak itu terus berkembang hingga mencapai 80% pada umur dua tahun. Pada rentang periode dua tahun ini, setiap menit terbentuk kurang lebih 250.000 sel saraf atau yang sering disebut neuron. Setelah berumur 6 tahun, ukuran sel otak seseorang telah mencapai 100% dengan berat otak berikisar antara 1.300-1.400 gram. Di dalam sel-sel otak tersebut mengandung sel-sel saraf atau neuron.
Komposisi otak terdiri dari 60% cairan berwarna putih dan 40% cairan berwarna abu-abu. Otak pada manusia terbagi menjadi lima bagian utama, yaitu otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum), otak depan (diensefalon), dan batang otak.

Otak besar atau cerebrum merupakan bagian terbesar dari otak manusia yang dilapisi jaringan korteks pada bagian luarnya. Otak besar berfungsi sebagai pengendali aktivitas sadar manusia, seperti aktivitas berpikir, melihat, mendengar, bergerak, dan lain-lain.
Otak kecil (cerebellum) merupakan bagian otak yang terletak di belakang dan di bawah otak besar (cerebrum). Otak kecil memiliki ukuran tersebesar setelah otak besar. Otak kecil memiliki peran untuk mendukung gerak motorik seseorang.

Otak depan (diensefalon) terdiri dari kelenjar talamus dan hipotalamus. Kelenjar talamus berfungsi untuk menerima rangsangan dari reseptor kecuali rangsangan bau, dan mengirimkannya ke pusat sensorik otak besar. Sedangkan kelenjar hipotalamus berfungsi sebagai pengendali agresifitas seseorang dan pengatur suhu.
Batang otak terdiri dari tiga bagian, yaitu otak tengah, pons, atau jembatan, dan sumsum lanjutan (medulla oblongata).

Secara umum, peran batang otak adalah sebagai tempat terjadinya pengiriman pesan dari batang syaraf ke pusat otak besar (cerebrum) untuk diterjemahkan.
Secara keseluruhan, fungsi otak biasa golongkan menjadi dua bagian, yaitu fungsi otak pada belahan sebelah kiri dan kanan. Fungsi otak pada belahan sebelah kiri sangat berkaitan dengan aktivitas logika dan aritmatika.

Sementara itu, fungsi otak pada belahan sebelah kanan sangat berhubungan dengan aktivitas-aktivitas sosial, spiritual, dan emosi. Aktivitas pada kedua belahan otak tersebut melakukan koordinasi satu sama lain dan saling berhubungan. Jembatan komunikasi kedua belahan otak dilakukan melalui serabut syaraf atau yang dikenal dengan istilah korpus kalosum.

Karena ukuran dan komposisi otak pada setiap manusia sama, maka jenis informasi yang diterima serta kebiasaan mengatur dan mengendalikan otak yang akan membedakan gaya, cara, dan kualitas seseorang dalam menghadapi permasalahan hidup. Dari sinilah intelegensi dan emosi seseorang akan terlihat berbeda-beda.

Hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan otak :
Trauma/benturan
Stroke, baik karena sumbatan maupun perdarahan
Kanker/tumor
Infeksi, semisal : meningitis, encephalitis/ radang otak
Kelainan dari lahir: hidrosefalus, kekurangan oksigen, dlsb

Seperti halnya organ tubuh manusia yang lain, otak manusia pun akan mengalami penurunan fungsinya seiring dengan pertambahan usia. Semakin lanjut usia maka penurunan fungsi otak akan semakin besar. Untuk menjaga fungsi otak agar tetap bekerja dengan baik, maka perlu bagi kita untuk menjaga kesehatan dan kebugaran otak. Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk memperpanjang fungsi otak adalah dengan:

mengatur pola makan, makanan mengandung Omega 3 sangat bagus untuk nutrisi otak
menerapkan pola hidup sehat, dengan olah raga teratur dan aktifitas sehat lainnya
menyibukkan diri dengan aktifitas terampil agar otak senantiasa bekerja
tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan yang mengakibatkan kerja otak terlalu berat, misalnya membiarkan diri larut dalam pekerjaan-pekerjaan atau tidak bisa meletakkan persoalan hidup dan terus-menerus memikirkan persoalan tersebut.

MANFAAT HABBATS HABBASY PLUS DALAM MERAWAT KESEHATAN OTAK
Habbats Habbasy Plus adalah produk andalan PT Habbatussauda International, yang sangat bermanfaat dalam merawat kesehatan otak. Ada 3 komponen utama yang menjadi alas an mengapa Habbats Habbasy Plus dianjurkan dipakai untuk menjaga dan merawat otak :

Mengandung Habbatussauda yang mengandung Omega 3 yang sangat bermanfaat bagi otak. 35% dari otak kita terdiri dari asam lemak seperti docosa hexanoic acid (DHA). Ini adalah kandungan aktif dalam Omega-3 yang dapat membantu sel-sel saraf berkomunikasi satu sama lain. Kandungan aktif lainnya dalam Omega-3 disebut eicosa pentanoic acid (EPA) yang berguna untuk meningkatkan sensitivitas otak terhadap serotonin, hormon yang memproduksi rasa senang. Habbatussauda juga terbukti dalam riset memperbaiki daya ingat dan memori.

Mengandung Pegagan yang merupakan tonikum otak. Penelitian serupa dilakukan oleh B. Sathya dan R. Uthaya Ganga, dari Govt. Siddha Medical College, Palayamkottai, India. Mereka menguji  khasiat serbuk pegagan terhadap IQ anak. Hasilnya, serbuk pegagan terbukti dapat meningkatkan intelegensia. Limabelas anak yang mengalami hambatan mental diberi 500 mg serbuk pegagan selama 1 bulan. Hasilnya, IQ meningkat sampai 4,6%. Semua anak yang mengikuti uji klinis juga lebih berkonsentraasi.

Selain itu, anak yang berperilaku pasif, pemalu, dan gelisah, berubah menjadi periang, komunikatif dan kooperatif. Itulah khasiat dari zat asiaticosida yang terdapat dalam pegagan. Senyawa golongan triterpenoid itu mampu meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kewaspadaan. Cara kerjanya dengan melancarkan sirkulasi pasokan oksigen dan nutrisi sel ke otak. Selain tu, daun pegagan juga mengandung senyawa alkaloid yang dapat memberikan energi bagi otak.

Mengandung Bee Pollen yang sangat bagus menutrisi otak. Kepala Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Perancis membandingkan asam-asam amino dari bee pollen dengan yang berasal dari hewan, kemudian menyimpulkan bahwa bee pollen unggul dalam segala hal. Bee pollen mengandung 40% – 80% asam glutamat bebas yang dapat melindungi dari penyumbatan darah di otak, berhasil mengatas kecanduan alkohol, meningkatkan IQ (termasuk pada anak yang terbelakang), meningkatkan energi otak secara menyeluruh, serta meningkatkan daya konsentrasi dan kemampuan belajar.

Untuk menjaga agar otak sehat, menguatkan memori dan konsentrasi, gunakan dosis 2×3 kapsul.
Untuk penderita pasca stroke dosis : 3×4 kapsul..

Segera pesan produk HABBASYPLUSNYA.
Dapat langsung menghubungi :
Team Internet Marketing Habbats
Tlp/WA : 0822-1822-1112
Info lebih lanjut : www.habbats.co.id

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

PERAN NIGELLIVE SEBAGAI ANTIOKSIDAN

Selasa, 20/11/2018 11:01

Klinik Sehat Lainnya

Trending