Ahad, 15 Muharram 1444 H / 14 Agustus 2022

Obat Keputihan Herbal Instan

Assalamualaikum,

Saya seorang ibu usia 37 th memiliki 5 org putra ,baru baru ini sy memeriksakan keputihan saya ke lab,hasilnya sbb: epitel [+],leukosit 3-5/Lp,tidak ditemukan kuman batang gram [-],ditemukan kuman coccus gram [+] mohon dijelaskan hasil lab tsb,apa penyakit saya? bagaimana mengobatinya sec herbal?apa ada obat yg sdh jadi?karena untuk obat herbal kendala yg sy alami sulitnya menemukan tumbuhan herbal yg dianjurkan. terimakasih,

Wassalamualaikum wr wb

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Keputihan
Hampir semua wanita usia subur yang normal pernah mengalami keputihan. Keputihan adalah keluarnya cairan dari vagina yang berasal dari sel epitel vagina dan kelenjar di daerah vagina.Cairan ini bermanfaat untuk menjaga kebersihan dan keasaman vagina untuk mencegah timbulnya infeksi dan sebagai pelumas saat melakukan hubungan seksual. Keputihan normal bisa terjadi saat terjadi peningkatan hormon estrogen, seperti pada masa pertengahan siklus menstruasi, pada saat hamil dan saat mendapatkan rangsangan seks. Keputihan dianggap normal kalau cairannya tidak terlalu kental, jernih, warna keputihan atau kuning, tidak mengalir, baunya tidak menyolok, tidak disertai nyeri dan tidak timbul rasa gatal yang berlebih. Sementara yang abnormal jika cairannya sangat kental, berbau, dan jumlahnya bisa jadi sangat berlebih, menyebabkan gatal yang amat sangat, vagina menjadi merah dan juga terdapat rasa nyeri, rasa pedih atau rasa terbakar pada saat berkemih.

Penyebab keputihan abnormal

1. Non-infeksi.
Bisa diakibatkan oleh benda-benda asing yang dapat melukai epitel vagina, misalnya tampon, kondom yang tertinggal di dalam vagina secara tidak sengaja, dan benang AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim). Penggunaan cairan antiseptik untuk membilas vagina bagian dalam yang telalu berlebihan dan meminum antibiotik secara berlebihan dapat membunuh mikroorganisme normal di dalam vagina. Semua keadaan tersebut bisa menyebabkan infeksi.

2. Infeksi.
Dapat disebabkan oleh berbagai jenis mikroorganisme seperti Candida albican, Gardnerella, Trichomonas, Chlamydia, Gonorrhoea dan kuman atau bakteri lainnya.

Akibat Keputihan infeksi (abnormal)
Infeksi tersebut dapat merambat ke rongga rahim, kemudian naik ke saluran telur, dan akhirnya bisa sampai ke dalam rongga panggul. Wanita yang mengalami keputihan akibat infeksi berulang/menahun yang tidak diobati tuntas bisa mengalami kemandulan. Selain itu keputihan juga bisa jadi merupakan tanda adanya penyakit lain yang lebih parah seperti tumor pada organ reproduksi.

Pada kasus Ibu, keputihan yang terjadi adalah karena infeksi bakteri gram (+) yaitu dengan ditemukannya kuman Coccus gram (+), biasanya keputihan disertai dengan rasa gatal dan sakit di daerah vagina, terutama saat buang air kecil.

Penanganan
Pada kasus infeksi bakteri, maka pengobatannya harus dengan obat anti bakteri, baik kimia atau alami. Adapun obat anti bakteri yang alami antara lain sambiloto, mahkota dewa dan adas serta rebusan daun sirih untuk membilas vagina. Untuk daun sirih ibu bisa mendapatkan di apotik yang menjual larutan pembersih vagina yang mengandung ekstrak daun sirih. Sedangkan untuk obat lainnya ibu bisa mendapatkannya di klinik sehat dengan nomor telpon (021) 99449070 atau (021) 32020377.
Wassalam

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Perlukah Imunisasi

Senin, 02/03/2009 16:10

Mrs " V " Sulit Ditembus

Senin, 02/03/2009 15:44

Alergi Udara Dingin

Rabu, 25/02/2009 16:07

Klorofil Halalkah?

Rabu, 25/02/2009 14:51

Sakit Telinga

Selasa, 24/02/2009 10:34

Obat Alami Untuk Batu Empedu

Selasa, 24/02/2009 10:27

Klinik Sehat Lainnya

Trending