Jum'at, 20 Muharram 1444 H / 19 Agustus 2022

Pengobatan dengan Bekam

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Akhir – akhir ini saya sering mendengar ada pengobatan dengan bekam, saya tertarik untuk mencobanya, tapi belum berani. Yang ingin saya tanyakan :

  1. Bagaimana pengobatan bekam itu?
  2. Apakah aman ?
  3. Penyakit apa yang bisa diobati dengan bekam? karena saya sekarang ini mempunyai penyakit darah tinggi.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Wa’alikum salam Wr. Wb.

Bekam atau hijamah adalah suatu tindakan mengeluarkan darah dari permukaan kulit dengan menggunakan alat tertentu. Bekam merupakan pengobatan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Dari Ibnu Abbas r.a. Rasulullah bersabda : "Kesembuhan (obat) itu ada pada tiga hal; dengan minum madu, pisau hijamah (bekam), dan dengan besi panas. Dan aku melarang ummatku dengan besi panas." (Hadist Bukhori).

Dahulu bekam menggunakan tanduk atau bambu dan gelas biasa. Saat ini bekam menggunakan alat khusus, sehingga lebih mudah, lebih higienis dan aman. Bekam sangat bermanfaat sekali untuk membuang toksin atau racun yang ada di bawah kulit. Pada saat dilakukan pembekaman, tubuh akan mengeluarkan zat seperti serotonin, prostaglandin, bradikinin, histamin dan zat lainnya. Keluarnya zat tersebut menyebabkan dilatasi pembuluh darah arteriol, sehingga memperlancar sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah dan juga meningkatkan daya tahan tubuh. Bekam bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit antara lain vertigo, sakit kepala, darah tinggi, kholesterol, kencing manis, stroke dan lain-lain.

InsyaAllah penyakit darah tinggi yang Bapak alami bisa disembuhkan dengan berbekam, dan jangan takut karena bekam itu tidak menyakitkan, tetapi menyembuhkan. Dengan dibekam, selain sehat, insyaallah juga mendapat berkah Allah swt. Amien….

Selamat berbekam.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Antisipasi Demam Berdarah

Selasa, 21/10/2008 06:19

Penderita Hipertensi selama 5 Tahun

Senin, 20/10/2008 14:17

Efek Samping Antibiotik

Jumat, 19/09/2008 00:47

Klinik Sehat Lainnya

Trending