Kamis, 10 Rajab 1444 H / 2 Februari 2023

Penyebab Penyumbatan Otak Dari Gaya Hidup Tak Sehat

Advertorial

Penyebab:
Stroke penyumbatan terjadi ketika pasokan darah ke otak terhambat oleh bekuan darah atau pembuluh darah yang menyempit.

Ada beberapa faktor penyebab stroke penyumbatan otak yang perlu diwaspadai, antara lain:
Aterokslerosis
Dilansir dari WebMD, aterokslerosis adalah penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri karena penumpukan plak kolesterol atau lemak.
Ketika penumpukan tersebut parah, aliran darah ke otak terganggu. Selain itu, bekuan darah yang terbentuk juga bisa tersangkut di plak dan menyumbat pembuluh darah otak.
Penyakit ini rentan dialami orang memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) tinggi, kolesterol baik (HDL) rendah, kurang gerak, obesitas, dan hipertensi.

Penyakit arteri karotis
Penyakit arteri karotis adalah penyakit yang muncul ketika plak menyumbat pembuluh darah arteri karotis di leher.
Meskipun tidak terletak di otak, pembuluh darah ini terhubung ke otak karena memasok darah ke organ vital tersebut. Penderita diabetes berisiko tinggi mengalami penyakit arteri karotis.

Penyakit jantung
Dilansir dari MayoClinic, beberapa jenis penyakit jantung jadi bisa menyebabkan terbentuknya bekuan darah yang menyumbat pembuluh darah di otak.
Bekuan darah bisa terjadi karena gangguan irama jantung (aritmia), penyakit katup jantung, infeksi otot jantung, sampai serangan jantung.

Kebiasaan merokok
Merokok juga bisa jadi salah satu faktor penyebab stroke iskemik. Kebiasaan tidak sehat ini bisa memicu penumpukan plak di pembuluh darah serta membuat darah mudah menggumpal dan membentuk bekuan darah.
Selain itu, merokok juga bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat, menyempitkan pembuluh darah, dan merusak lapisan pembuluh darah. Semua faktor tersebut bisa meningkatkan risiko stroke secara signifikan.

Tekanan darah rendah parah
Penyebab stroke penyumbatan otak yang jarang tapi dialami beberapa penderita yakni tekanan darah rendah atau hipotensi parah.
Kondisi ini dapat mengurangi aliran darah ke otak. Biasanya, tekanan darah rendah parah dialami penderita aterosklerosis, penyakit arteri karotis, serangan jantung, pendarahan, atau terkena infeksi parah.

Penyebab lainnya
Selain beberapa faktor di atas, stroke iskemik juga bisa disebabkan migrain parah, penyalahgunaan narkoba, atau konsumsi minuman energi berlebihan.
Dari penjabaran di atas, beberapa faktor penyebab stroke penyumbatan otak kebanyakan karena gaya hidup tidak sehat seperti merokok, malas gerak dan pola makan tidak sehat biang penyakit kronis. Untuk itu, lakukan gaya hidup sehat untuk mencegah masalah kesehatan ini.

Lalu Bagaimana Caranya Agar Kita Bisa Menghindari Masalah Di Atas Dan Memiliki Pola Hidup Sehat?

Menjaga kesehatan tak selalu harus dilakukan dengan cara rumit. Berikut sejumlah cara sederhana untuk menuju hidup yang lebih sehat melansir Healthline:
Menjaga Makan
Isi setengah dari piring dengan sayuran yang tidak mengandung zat tepung. Sayuran tak mengandung zat tepung antara lain bayam dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya seperti wortel, brokoli, dan kembang kol.
Mengisi setengah piring dengan sayuran non-tepung menjadi cara sederhana untuk membuat diet lebih sehat, karena rendah kalori tapi dikemas dengan nutrisi, serat, dan air.

Hindari Stres
Stres yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kortisol dan sangat merusak metabolisme tubuh. Ini dapat menimbulkan rasa ingin mengonsumsi junk food atau makanan cepat saji, membuat lemak di daerah perut menumpuk, dan meningkatkan risiko berbagai penyakit.
Stres dapat dikurangi dengan berolahraga, berjalan santai di alam, mempraktikkan pernapasan dalam hingga meditasi.

Makan Di Piring Dan Mangkuk Yang Lebih Kecil
Para ilmuwan menemukan bahwa orang yang makan dari mangkuk saji besar, mengonsumsi 56 persen (142 kalori) lebih banyak makanan daripada orang yang makan dari mangkuk kecil.
Ilusi sederhana makan dari piring kecil dapat membantu merasa puas dengan lebih sedikit mengonsumsi makanan.

Hindari Soda Bergula
Penelitian menunjukkan bahwa minuman yang dimaniskan dengan gula dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, bahkan kanker.
Selain itu, asam dalam minuman ringan juga dapat merusak gigi, terutama jika dikombinasikan dengan gula.

Minum Air Putih Cukup
Minum air yang cukup dapat membantu menjaga fungsi otak yang sehat, konsentrasi, dan suasana hati yang positif.
Selain itu, air dapat membantu menurunkan berat badan dengan membuat rasa kenyang dan meningkatkan berapa banyak kalori yang dibakar.

Jam Tidur
Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur berkorelasi dengan banyak penyakit termasuk obesitas dan penyakit jantung.
Jika sepertinya tidak bisa tidur dengan benar, terdapat beberapa cara untuk memperbaikinya, seperti:
Tidak minum kopi di sore hari
Coba tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari
Tidur dalam keadaan gelap total tanpa pencahayaan buatan
Meredupkan lampu di rumah beberapa jam sebelum tidur

Olahraga
Menggunakan otot sangat penting untuk kesehatan yang optimal. Walaupun mengangkat beban dan berolahraga dapat membantu seseorang terlihat lebih baik, meningkatkan penampilan sebenarnya hanyalah puncak gunung es.
Terlebih lagi, olahraga dapat membantu mengurangi depresi dan risiko berbagai penyakit kronis, seperti obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, Alzheimer, dan lainnya. Selain itu, olahraga dapat membantu mengurangi lemak, terutama dalam kombinasi dengan diet sehat.

Untuk informasi produk Sunna Herbal Store, pemesanan Sunna Herbal Store, keagenan dan distributor Sunna Herbal Store silahkan hubungi nomor di bawah.

WhatsApp : 0821-2829-6335
Instagram : https://www.instagram.com/sunnaherbalstore/
Facebook : https://www.facebook.com/Sunna-Herbal-Store-104762558973217
Shopee : https://shopee.co.id/sunnaherbal
Tokopedia : https://www.tokopedia.com/sunnaherbalstore

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Klinik Sehat Lainnya

Trending