Sabtu, 15 Jumadil Awwal 1444 H / 10 Desember 2022

Pusing dan Susah Tidur

Assalamu’alaikum…

Pak dokter yang dirahmati allah, saya ingin bertanya tentang:

1. Penyakit istri saya yang mana apabila datang penyakitnya selalu disertai pusing yang amat sangat disertai badan panas dan pegal pegal hingga susah untuk tidur. Terakhir diperiksa ke dokter disarankan untuk ct scan di bagian kepalanya, Tapi berhubung belum ada biaya maka hal tersebut belum dilakukan. Kira kira gejala penyakit apa yang diderita istri saya?

2. Kebenaran kalung biofir yang katanya berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Sekian pertanyaan saya pak dokter atas informasinya kami mengucapkan banyak terima kasih.

Wassalam

Wa’alaikum salam, wr.wb.

Bapak yang saya hormati dan yang Insya’alloh selalu juga dirahmati Alloh SWT. Untuk sakit kepala atau pusing yang sering diderita oleh istri bapak, memanglah harus dapat kita waspadai. Tetapi dalam membedakan penyakit ini memang agaklah sulit, karena begitu banyaknya penyebab sakit kepala. Dan hal ini harus dapat didiagnosa secara tepat. Oleh sebab itu sebaiknya memang harus lewat pemeriksaan fisik dan penunjang lainnya. Bapak dapat mengkonsultasikannya langsung kepada kami dengan membawa istri, ataupun bapak dapat mengkonsultasikan langsung kepada dokter yang lebih berkompeten seperti spesialis saraf untuk mendiagnosanya secara tepat.

Bapak setiap penyembuh penyakit adalah hanyalah Alloh SWT, bukanlah seorang dokter, obat ataupun benda-benda yang lainnya. Oleh sebab itu hanya kepada-Nya lah kita memohon. Dan beriktiar selalu untuk menyembuhkannya, Insya’alloh semua penyakit dapatlah disembuhkan. Sementara banyak manusia yang tidak menyadari bahwa Allah SWT tidak pernah menciptakan manusia dengan ditinggalkan begitu saja.

Setiap kali penyakit muncul, pasti Allah SWT juga menciptakan obatnya.  Sabda Rasulullah SAW: "Tidaklah Allah SWT menurunkan suatu penyakit,  melainkan Dia turunkan penyembuhnya." (HR. Al-Bukhari dan Ibnu Majah)

Hanya saja ada manusia yang mengetahuinya dan ada yang tidak  mengetahuinya. Kenyataan lain yang harus disadari oleh manusia, bahwa  apabila Allah SWT secara tegas memberikan petunjuk pengobatan, maka  petunjuk pengobatan itu sudah pasti lebih bersifat pasti dan bernilai  absolut. Dan memang demikianlah kenyataannya. Islam yang diajarkan oleh  Rasulullah SAW, bukan saja memberi petunjuk tentang perikehidupan dan  tata cara ibadah kepada Allah SWT secara khusus yang akan membawa  keselamatan dunia dan akhirat, tetapi juga memberikan banyak petunjuk  praktis dan formula umum yang dapat digunakan untuk menjaga keselamatan  lahir dan batin, termasuk yang berkaitan dengan terapi atau pengobatan.

Petunjuk praktis dan kaidah medis tersebut banyak sekali didemonstrasikan oleh Rasulullah SAW dan diajarkan kepada para  sahabatnya. Bila kesemua formula dan kaidah praktis itu dipelajari  secara seksama, tidak syak lagi bahwa kaum Muslimin dapat  mengembangkannya menjadi sebuah sistem dan metode pengobatan yang tidak  ada duanya. Disitulah akan terlihat korelasi yang erat antara sistem  pengobatan Ilahi dengan sistem pengobatan manusia. Karena Allah SWT  telah menegaskan: "Telah diciptakan bagi kalian semua segala apa yang  ada di muka bumi ini." Ilmu pengobatan berikut segala media dan  materinya, termasuk yang diciptakan oleh Allah SWT untuk kepentingan  umat manusia.

Camkanlah! Islam adalah agama yang sempurna, yang dibawa Rasulullah SAW  bukan hanya kepada orang sehat tapi juga kepada orang yang sakit, maka  syariatnya juga disediakan.

Untuk itu seyogyanya kaum Muslimin menghidupkan kembali kepercayaan  terhadap berbagai jenis obat dan metode pengobatan yang diajarkan  Rasulullah SAW sebagai metode terbaik untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Namun tentu semua jenis pengobatan dan obat-obatan tersebut hanya  terasa khasiatnya bila disertai dengan sugesti dan keyakinan.  Karena-demikian dinyatakan Ibnul Qayyim-keyakinan adalah “doa”. Bila  pengobatan manusia mengenal istilah placebo (semacam penanaman sugesti  lalu memberikan obat netral yang sebenarnya bukan obat dari penyakit  yang dideritanya), maka Islam mengenal istilah doa dan keyakinan.

Dengan pengobatan yang tepat, dosis yang sesuai disertai doa dan  keyakinan, tidak ada penyakit yang tidak bisa diobati, kecuali penyakit  yang membawa kematian. Jabir RA membawakan hadits dari Rasulullah SAW:  "Setiap penyakit ada obatnya. Maka bila obat itu mengenai penyakit  akan sembuh dengan izin Allah SWT." (HR. Muslim)

Wassalamu’alikum, wr. wb.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Rekomendasi

Interior Rumah di Tanah Hook 10 x 10 m

Selasa, 25/01/2011 10:33

Minimalis Terbatas

Selasa, 05/07/2011 17:47

Solusi Damai Dua Negara ?

Jumat, 02/07/2010 09:19

Kesurupan Stadium Empat

Selasa, 07/03/2017 14:30

Demi Hari Esok

Selasa, 31/07/2012 14:30

Baca Juga

Gusi Bengkak

Minggu, 09/11/2008 14:11

Vitiligo

Minggu, 09/11/2008 14:11

Gula Rendah Kalori

Senin, 03/11/2008 09:24

Bekam, Habbat dan Madu

Minggu, 02/11/2008 15:47

Halal Haram Vaksinasi

Minggu, 02/11/2008 09:38

Dampak Negatif Vitamin C

Jumat, 31/10/2008 13:57

Klinik Sehat Lainnya

Trending