Kamis, 29 Zulqa'dah 1443 H / 30 Juni 2022

Sakit di Jari Tangan

Assalamu’alaikum wr. wb.,

Saya seorang muslimah 26 tahun, sudah hampir sebulan ini saya menggunakan sepeda motor untuk ke kantor dan aktifitas lainnya. Untuk diketahui jarak rumah ke kantor sekitar 36 Km., boleh dibilang saya adalah pengendara motor yang "baru lahir" karena baru 2 minggu setelah "belajar" saya langsung nekat naik motor ke kantor. Sejak itu pula jari-jari tangan kanan saya mulai berubah, awalnya setelah naik motor rasanya seperti kesemutan dan agak susah digerakkan, lama kelamaan kesemutannya hilang tapi jadi susah digunakan untuk beraktifitas terutama memegang sesuatu apalagi yang berat. Apakah kondisi ini normal untuk pengendara motor yang baru seperti saya? Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalam.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Ibu Nani yang hebat dan kuat, saya salut atas ketangguhan Ibu berkendara motor dengan jarak yang cukup jauh setiap hari, yang tentunya membutuhkan persiapan fisik prima.

Keluhan yang ibu alami dimungkinkan karena ibu menggunakan motor dengan jarak yang cukup jauh, dimana pada saat tersebut jari-jari tangan dalam kondisi mencengkeram erat stang motor dengan kaku dan tegang (maaf mungkin karena ibu baru pemula, sehingga belum rileks), hal ini kadang terjadi pada beberapa pemula. Insyaallah dengan berlalunya waktu, ibu bisa mengendarai motor dengan lebih rileks sehingga tidak menimbulkan keluhan lagi.

Untuk mengatasi keluhan tersebut, ada beberapa hal antara lain :

  1. Rileks dan santai saat mengendarai motor, terutama pada tangan dan jari-jari tangan.
  2. Melemaskan otot tangan dan jari-jari tangan sebelum mengendarai motor, dengan menggerak-gerakkan pergelangan tangan dan tangan secara keseluruhan dan berolah raga secara teratur agar tubuh tetap bugar.
  3. Menggunakan sarung tangan saat mengendarai motor.
  4. Merendam tangan yang mengalami kesemutan dengan air hangat yang telah direbus dengan sereh.
  5. Melakukan pemijatan pada tangan dan jari-jari tangan untuk melepas ketegangan otot.
  6. Mengkonsumsi kurma secara rutin atau vitamin neurotropik (vitamin B)
  7. Jika keluhan terasa berat, sebaiknya istirahat mengendarai motor dan memerikssakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang adekuat.

Wallahu’alam bisshowab.

Wassalam

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Haid Tidak Teratur

Senin, 08/02/2010 09:38

Nyeri Kontraksi Dada

Rabu, 03/02/2010 09:57

Susah Buang Air Besar

Selasa, 02/02/2010 12:37

Tipus

Sabtu, 30/01/2010 11:24

Hidung Keluar Darah

Jumat, 29/01/2010 05:55

Jangka Waktu Haid

Kamis, 28/01/2010 09:13

Sakit Lidah

Kamis, 28/01/2010 07:36

Klinik Sehat Lainnya

Trending