Jum'at, 14 Jumadil Awwal 1444 H / 9 Desember 2022

Sakit Telinga

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Saya penderita sakit telinga sudah 5 thn, kadang keluar nanah dengan bau yang tdk sedap,

dan pendengaran saya sedikit berkurang, apa ada cara pengobatan alternatif atau secara alami, karna utk ke dokter THT biayanya relatif mahal…

wassalamu’alaikum wr.wb

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Telinga merupakan indra pendengaran, secara antomi di bagi menjadi 3 bagian, yaitu telinga bagian luar (daun dan lubang telinga), telinga bagian tengah (gendang telinga dan ruang telinga / cavum tympani) serta telinga bagian dalam (tuba eustachii – penghubung cavum telinga dan hidung- dan rumah siput / kokhlea yang merupakan tempat saraf pendengaran dan keseimbangan ).

Sakit telinga sudah lima tahun dengan keluhan keluar cairan nanah berbau tak sedap adalah merupakan tanda adanya infeksi telinga tengah, dengan kemungkinan telah terjadi lubang pada gendang telinga. Penyakit ini jika tidak ditangani secara optimal dikhawatirkan akan menyebar ke daerah sekitarnya.
Untuk mengobati penyakit ini secara umum harus menjaga agar telinga tidak kemasukan cairan, maka sebaiknya harus berhati – hati jika mandi (lubang telinga ditutup dengan kapas) dan jangan berenang. Bersihkan cairan nanah yang keluar dengan cairan peroksida (H2O2). Kemudian secara herbal dapat dibantu dengan mengkonsumsi sambiloto, mahkota dewa, adas pulasari dan habbatussauda. Untuk mendapatkan hasil optimal, sebaiknya diperiksakan ke dokter agar mendapatkan antibiotik yang sesusai.
Wassalam.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Obat Alami Untuk Batu Empedu

Selasa, 24/02/2009 10:27

Sinusitis

Rabu, 18/02/2009 15:55

Pengobatan Wasir

Rabu, 18/02/2009 15:46

Khasiat Sirih Merah

Rabu, 11/02/2009 16:57

Alkohol Dalam Obat Batuk

Jumat, 30/01/2009 15:09

Klinik Sehat Lainnya

Trending