Sabtu, 21 Muharram 1444 H / 20 Agustus 2022

Darah Keluar dari Kemaluan

Assalamu’alaikum,

Saya seorang suami umur kurang lebih 30 tahun, dan istri umur hampir sama. Yang ingin saya tanyakan adalah beberapa bulan terakhir ini pada saat kami melakukan hubungan suami istri, dari kemaluan istri kadang-kadang keluar darah. Apakah keluar darah itu normal atau ada penyakit?

Kemudian pertanyaan yang kedua, berapa lama masa haid itu bersih? atas jawaban pak ustadz saya ucapkan banyak-banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum.

Assaamu’alaikum Wr.Wb.

Darah yang keluar saat hubungan suami istri banyak penyebabnya. Pada pasangan yang baru menikah, kemungkinan disebabkan karena robeknya selaput hymen (selaput tipis yang ada di mulut depan kemaluan wanita (vagina), hal ini termasuk sesuatu yang wajar.

Penyebab lainnya adalah infeksi seperti clamidia dan candida, peradangan selaput lendir pada vagina dan mulut rahim maupun terjadinya dysplasia sel di sekitar mulut rahim.

Saran saya sebaiknya istri Bapak segera berkonsultasi dengan ahli kebidanan untuk mendapatkan pemeriksaan. Ada kemungkinan istri Bapak akan membutuhkan pemeriksaan pap smear untuk memastikan keluhan penyakit tersebut.

Menstruasi atau haid umumnya berkisar antara 3 – 7 hari, meskipun ada yang lebih dari tujuh hari maupun ada yang kurang. Siklus menstruasi bisa dipengaruhi oleh hormonal, stressor fisik dan psikis dan kondisi gizi (makanan). Kebiasaan mentruasi maupun siklus mentruasi harus kita perhatikan dengan benar, sehingga jika ada penyimpangan kita dapat mengenalinya secara dini, sehingga akan memudahkan penanganannya. Allohu’alam bisshowab.

Wassalam.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Kantong Testis Kok Mengendur ?

Rabu, 23/12/2009 09:45

Telinga Anak Berair

Rabu, 16/12/2009 09:10

Bau Mulut Mengganggu Dakwah

Senin, 14/12/2009 13:53

Obat Sakit Gigi

Kamis, 10/12/2009 10:37

Berapa Kali Bisa Cesar

Rabu, 09/12/2009 13:59

Klinik Sehat Lainnya

Trending