Sabtu, 21 Muharram 1444 H / 20 Agustus 2022

Tentang Habbatussauda

Assalamualaikum,

Dokter yang terhormat, saya pria usia 24 th, kira-kira sdh dua bulan mengkonsumsi Habbatusyauda (jintan hitam) dlm bentuk kapsul. Alhamdulillah saya merasakan manfaat yaitu meningkatnya daya tahan tubuh dan berkurangnya gejala alergi. sebelumnya saya mudah sekali terserang influenza, masuk angin dsb. yang ingin saya tanyakan:

1. Apakah ada pantangan/kontra indikasi selama mengkonsumsi jintan hitam?

2. Jika digunakan dalam jangka panjang apakah menimbulkan efek samping?

3. Menurut tes darah, saya positif HbsAg. apakah jintan hitam dapat membantu?

4. Bagaimana dosis konsumsi jintan hitam yang dokter anjurkan?

demikian, saya ucapkan terimakasih atas jawaban yang diberikan.

wassalamualaikum.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Habbatussauda atau yang di Indonesia dikenal dengan sebutan jintan hitam adalah salah satu resep pengobatan Nabi Muhammad SAW. Hal ini sebagaimana sabda beliau:

“Gunakanlah oleh kamu Habbatus sauda’ ini, karena sesungguhnya ia adalah penyembuh bagi segala penyakit, kecuali ‘as sam’ atau maut” (HR. Bukhari & Muslim)

“Tidak ada satupun penyakit melainkan di dalam habbatus sauda’ terdapat kesembuhan baginya, kecuali kematian.” (HR. Muslim).

Kandungan Habbatussauda
Habbatussauda mengandung berbagai zat, antara lain asam amino,Kalsium, Zat Besi, Sodium dan Potassium yang berperan penting dalam membantu peran Enzim. Ia juga mengandung Asam Lemak, terutama Asam Lemak Esensial tak jenuh (Asam Linoleic dan Linolenic). Asam Lemak Esensial terdiri dari Asam Alfa-Linolenic (Omega-3) dan Asam Linoleic (Omega-6).

Manfaat Habbatussauda
1. Menguatkan sistem kekebalan
2. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi
3. Anti histamine dan anti alergi
4. Memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteri
5. Melancarkan air susu ibu
6. Meremajakan sel-sel kulit dan menunda proses penuaan.
7. Sebagai anti kanker dan anti virus
8. Anti inflamasi, mengobati perih dan radang tenggorokan.
9. Anti Artritis, mengobati reumatik.

Secara umum habbatussauda dapat dikonsumsi oleh semua orang mulai dari anak balita sampai dengan orang tua. Dan tidak ada syarat atau pantangan dalam mengkonsumsi herbal ini. Sampai sekarang tidak pernah ada laporan efek samping pengunaan habbatussauda jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Tetapi secara umum dalam mengkonsumsi herbal juga tidak boleh berlebihan, tetapi harus sesuai dengan dosis dan aturan serta indikasi penyakit. Dosis mengkonsumsi habbaussauda biasanya disesuaikan dengan umur dan berat ringannya penyakit serta jenis sediaan habbatussauda dan proses pengolahannya. Biasanya pada anak – anak dosis minum mulai dari 2-3 x ½ – 1 kapsul atau 2-3 x ½ – 1 sendok teh (untuk sediaan minyak), sedangkan dosis orang dewasa 3 x 2 – 5 kapsul, atau 3 x 1-2 sendok (untuk sediaan minyak). Untuk pencegahan konsumsi habbatussauda cukup ½ – 1 kapsul pada anak – anak, dan 1-2 kapsul pada dewasa.
Habbatussauda bersifat sebagai antivirus, jadi insyaallah bisa digunakan untuk membantu mengobati penyakit hepatitis, tetapi sebaiknya pengobatan ini dibantu dengan herba lainya untuk mendapatkan hasil optimal, antara lain temulawak, meniran dan sambiloto.

Wassalam.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Gatal-gatal

Kamis, 05/03/2009 10:54

Kaki Linu (terkilir)

Rabu, 04/03/2009 18:49

Sering Sakit / Nyeri Pada Kaki

Rabu, 04/03/2009 18:13

Melepas Ketergantungan Pada Obat

Selasa, 03/03/2009 20:03

Klinik Sehat Lainnya

Trending