Jum'at, 3 Rabiul Awwal 1444 H / 30 September 2022

Warna Pada Minyak Zaitun Yang Berbeda, Ternyata Ini Penyebabnya

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum

Saya konsumen minyak Zaitun yang rutin meminum minyak zaitun harian. Namun saat saya membeli minyak zaitun, seringkali saya mendapati warna yang berbeda pada minyak zaitun yang saya beli walaupun merknya sama. Apakah perbedaan warna ini menunjukkan kualitas minyaknya berubah? Saya khawatir minyak ini tidak asli karena warnanya tidak tetap. Oiya, apakah minyak zaitun ekstra virgin bisa digunakan untuk menggoreng?

Terimakasih

Ibu Marfuah, Gorontalo.

Jawaban :

Waalaykumussalam

Sebenarnya perihal warna ini tidak menunjukkan kadar kualitas, tetapi dapat memberitahu Anda hal-hal lain.  Warna minyak zaitun berkaitan dengan jumlah klorofil yang dikandungnya. Zaitun dipetik di awal musim cenderung membuat minyak berwarna hijau karena mengandung tingkat yang lebih tinggi dari klorofil. Zaitun panen akhir di musim bisaanya akan menghasilkan lebih banyak minyak berwarna emas karena tingkat lebih tinggi dari zat alami bernama karoten.

Kedua minyak mungkin secara teknis setara dalam kualitas tetapi sangat berbeda dalam gaya.  Yang banyak terjadi, minyak berwarna hijau akan berubah warna lebih emas ketika disimpan.  Jadi jangan terlalu fokus pada tampilan warna.  Kebetulan jika Anda membeli minyak yang kelihatan hijau, pastikan bahwa itu disimpan dalam botol gelap di tempat gelap.  Hal-hal yang membuatnya tampak hijau (klorofil) membantu memulai reaksi yang membuat minyak menjadi cepat tengik jika ditaruh di tempat yang terpapar cahaya.

Minyak Zaitun terbaik dikonsumsi pada saat aroma, rasa dan kandungan antioksidannya paling tinggi, yakni di awal pasca produksi. Semakin lama, kandungan antioksidan dan polifenolnya akan berkurang. Namun, kadar antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal tertinggi umumnya ditemukan dalam minyak zaitun extra virgin. Ini menunjukkan bahwa Minyak zaitun ekstra virgin umumnya memiliki kesegaran lebih lama dibandingkan minyak nabati lainnya.

Minyak zaitun ekstra virgin bisa digunakan untuk menggoreng, namun mengingat kandungan antioksidan dan lemak tak jenuhnya yang tinggi hal tersebut justru merugikan. Jika akan menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng, gunakan jenis minyak zaitun ‘pure’ atau ‘light’ karena biayanya lebih murah. Sedangkan minyak zaitun ekstra virgin sebaiknya digunakan dan dikonsumsi tanpa pemanasan.

TEAM HABBAT’S INSTITUTE

Jadikan Minyak Zaitun sebagai bagian dari Gaya Hidup Anda

Jadikan Minyak Zaitun sebagai bagian dari Gaya Hidup Sehat Anda

Untuk keperluan harian minyak zaitun anda, kami menyarankan produk HABBAT’S AZ ZAITUN dan NIGELLIVE. Habbat’s Zaitun dan Nigellive mengandung minyak zaitun ekstra virgin atau minyak zaitun perasan pertama yang kaya vitamin E, antioksidan dan zat-zat penting lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

Untuk mendapatkan produk HABBAT’S AZ ZAITUN dan NIGELLIVE , anda dapat menghubungi kontak person kami:

  • 0878 2855 2870 (Denny)
  • 0812 2000 9444 (Mujahid)

Untuk wilayah Jabodetabek pemesanan dan pertanyaan tentang produk bisa kepada :

  • 0812 8380 1892 (Taufik)
  • 0812 1041 7729 (Boby)

Konsultasi gratis dengan team Habbats Institute :

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Rekomendasi

di Suatu Hari di Masjid Itu

Senin, 11/02/2008 15:17

6 Keutamaan Sedekah Diam-Diam

Rabu, 05/08/2020 16:25

Apakah Allah Tidak Menyayangi Saya?

Selasa, 05/12/2006 11:06

Haji, Umroh, Tour and Ticketing

Selasa, 20/01/2009 07:39

Coklat Cinta Obaa San

Minggu, 17/05/2009 05:40

Baca Juga

Klinik Sehat Lainnya

Trending