Senin, 16 Muharram 1444 H / 15 Agustus 2022

Anak Batuk-Batuk dan Pertumbuhan Lambat

dr insanNama : budi
umur : 34 tahun
Assalamualaikum wr.wb
dokter anak saya umur 16 bulan,dengan berat badan 8 kg,anak saya terbilang kecil dari anak-anak yg seumurannya,sering mengalami
batuk2, saya khawatir ada gangguan paru2,saya sudah pernah membawa anak saya ke klinik radiologi untuk di ronsen, hasilnya saya bawa ke puskesmas dan kata dokter yg menangani, hasilnya tidak ada gangguan,dokter di puskesmas bilang ada bekas flek tapi katanya itu
flek wajar bekas batuk,jadi katanya gak perlu khawatir. Apakah bisa anak saya di obati dengan habbatusaudah,mohon penjelasan dokter trimakasih.
Wa Alaikum Salam
Sdr Budi Yth
Batuk yang berulang dan sering, memang harus dicurigai sebagai penyakit kronis yang sumbernya harus dilacak. Diantara penyakit yang harus diwaspadai adalah TBC Paru. Akan tetapi jika setelah dilakukan pemeriksaan tidak terdapat tanda penyakit tersebut, harus difikirkan penyebab yang lainnya.
Diantara penyebab batuk yang lama dan berulang adalah batuk akibat alergi. Penyebab alerginya bisa beragam. Bisa karena asap kendaraan atau bisa juga karena debu polusi atau debu rumah. Untuk menilai penyebab alerginya bisa ditempuh dengan sesekali mengajak anak menginap di tempat yang sejuk jauh dari polusi selama beberapa hari. Jika batuknya mereda atau hilang, maka kemungkinan besar memang disebabkan karena alergi.
Untuk langkah meredakan batuknya, bisa ditempuh dengan meminum larutan madu. Faktanya,  sebuah penelitian terbaru diArchives of Pediatrics & Adolescent Medicine menemukan bahwa sesendok madu lebih baik dibandingkan dextromethorphan (DMP), bahan aktif dalam beberapa obat pereda batuk, terutama pada anak-anak.
Pada penelitian AAP tahun 2008, madu dapat meredakan batuk anak di malam hari dan kesulitan tidur akibat infeksi saluran napas. Iringi juga dengan melakukan pemijatan di area dada dan punggung anak untuk melonggarkan nafas, dengan menggunakan minyak zaitun dan minyak habbatussauda. Karena uap minyak tersebut sangat bermanfaat melegakan nafas.
Demikian, semoga bermanfaat.
dr. Insan AN
Saran Tim Therapy Habbats:
Larutkan 1 sendok takar (atau 5 ml) Madu Arab ke dalam setengah gelas (75 cc) air hangat. Tambah sedikit air perasan jeruk lemon. Minumkan ke anak. Lakukan sehari 3 sampai 4 kali.
Untuk pemijatan di dada dan punggung anak, bisa digunakan minyak Habbats Oil 369 yang mengandung minyak zaitun dan minyak habbatussauda.
Tim Therapy Habbats
habbats-dalam

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Anakku Perut Buncit dan Cacingan

Rabu, 06/11/2013 09:44

Penderita Epilepsi Menahun

Selasa, 29/10/2013 09:03

Thibbun Nabawi Lainnya

Trending