Ahad, 15 Muharram 1444 H / 14 Agustus 2022

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

dr insanDear habbats

Mau Tanya , bisakah Habbatussauda menormalisasikan tekanan darah ? apa ya produk Habbats yang bisa digunakan untuk itu?

thanks

Indra Wijaya

Assalamu’alaikum

Sdr Indra Wijaya Yth

Habbatussauda memiliki potensi sebagai bahan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Diawali penelitiannya di tahun 1962 menggunakan minyak Habbatussauda (volatile oil) dosis 200 µl/kg intra muscular pada hewan uji, dimana didapatkan hasil habbatussauda terbukti dapat menurunkan tekanan darah arterial.

Penelitian ini kemudian dilanjutkan untuk mengetahui bagaimana proses mekanisme turunnya tekanan darah di tahun 1993/1994. Sebuah penelitian dengan judul “The cardiovascular actions of the volatile oil of the black seed (Nigella sativa) in rats: Elucidation of the mechanism of action”, dan juga “Effect of the volatile oil of (Nigella sativa) on the arterial blood pressure and heart rate of the guinea-pig” menemukan mekanisme Habbatussauda dalam menurunkan tekanan darah. Dengan menggunakan reseptor blockers, gaglionic blockers, amine depletions dan juga teknik spinal pithing, berhasil diungkapkan bahwa aksi penekanan tekanan darah dimediasi terpusat di otak melalui mekanisme serotoninergik yang melibatkan aktivasi dari reseptor 5-HT1A yang berlokasi di nucleus tractus solitaries dan di dorsal vagal motor nucleus di jaringan otak. Dosis yang digunakan di sini adalah 4 hingga 32 µl/kg secara intravena pada binatang percobaan.

Aktifitas penurunan tekanan darah juga diteliti menggunakan ekstrak biji habbatussauda yang dilarutkan dalam ethyl alcohol pada anjing percobaan dengan dosis 50 mg/kg secara intravena.

Penggunaan pada manusia juga dilaporkan pada penelitian denga judul “Antihypertensive effect of Nigella sativa seed extract in patients with mild hypertension”, dimana diungkapkan bahwa dengan penggunaan ekstrak habbatussauda 200 mg sehari 2 kali, dapat menurunkan tekanan darah tinggi ringan dalam pemakaian 2 bulan selama riset tersebut dilakukan. Riset ini dilaksanakan oleh Department of Internal Medicine and Cardiology and Medicinal Plant Research Center, School of Medicine, Shahrekord University of Medical Sciences, Shahrekord, Iran.

Penggunaan pada manusia juga pernah diteliti di University of Colombo, yakni untuk hipertensi menggunakan minyak Habbatussauda dengan dosis 2,5 ml per hari, yang terbukti efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi ringan.

Di sini harus dipahami dahulu, bahwa penggunaan Habbatussauda bukanlah sebagai terapi pengganti obat-obat jantung atau anti hipertensi, sehingga tindakan yang diambil bukan lantas meninggalkan obat kimia sama sekali lalu hanya menggunakan Habbatussauda. Untuk itu harus diketahui kondisi umum penderitanya.

Pada kasus tekanan darah sedang hingga berat, yakni di kisaran di atas 160/100 mmHg, seyogyanya penggunaan Habbatussauda diiringi dengan penggunaan obat dari dokter agar bekerja dengan sinergis. Tatkala tekanan darah sudah turun di level ringan, yakni di bawah 160/100 mmHg, maka dosis obat kimia bisa dikurangi atau ditinggalka dan hanya menggunakan Habbatussauda dengan terus melakukan control tekanan darah untuk memantau kondisi.

Dalam praktek sehari-hari dosis yang efektif dalam kasus hipertensi menggunakan minyak Habbatussauda adalah sekali setengah sendok teh atau 2,5 cc hingga 2 kali 2,5 cc. Jika menggunakan biji-bijian, adalah di kisaran 4 kapsul hingga 10 kapsul @ 500 mg.

Penggunaan habbatussauda bersama obat kimia haruslah diberi jarak aman sekitar 2 jam.

Demikian, semoga membantu.

dr. Insan

 

Saran Tim Therapy Habbats

Gunakan Nigelive untuk menurunkan tekanan darah anda. Dosis menyesuaikan tingkat tekanan darahnya.

Bisa dibantu dengan minum Habbats Jahe sehari 2 sachet.

 

Tim Therapy Habbats.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Habbatussauda Berbahaya Bagi Ginjal ?

Minggu, 20/10/2013 10:48

Infeksi Saluran Kemih

Sabtu, 19/10/2013 09:26

Thibbun Nabawi Lainnya

Trending