Sabtu, 21 Muharram 1444 H / 20 Agustus 2022

Seberapa Amankah Mengkonsumsi Habbatusauda

dr insanTanya : Apakah Hababatussauda cukup aman dikonsumsi? Pada dosis berapakah masih dikatakan aman.
Jawab : Untuk menjawab petanyaan tersebut kami kutipkan satu hasil penelitian berkaitan dengan tingkat keamanan konsumsi habbatussauda yang dimuat dalam satu tulisan yang berjudul : A Review of Medicinal Uses and Pharmacological Activities of Nigella sativa, yang diterbitkan dalam Pakistan Journal Biological Sciences tahun 2004. Review ini disusun oleh Anwarul Hasan Gilani, Qaiser Jabeen dan Muhammad Asad Ullah Khan dari Department Biological and Biomedical Sciences, The Aga Khan University Medical College, Karachi, Pakistan. Dalam tulisan itu disebutkan :
Tidak ditemukan gejala keracunan akut dalam penggunaan Habbatussauda secara oral hingga dosis tinggi sebesar 25 gram/Kg BB.
Namun dalam review tersebut tak menyebutkan dosis tersebut berlaku bagi manusia ataukah binatang percobaan. Jika melihat daftar referensi yang dipakai, ternyata data tersebut mengarah pada dosis penggunaan pada binatang tikus. Sedangkan jika dikonversikan kepada dosis manusia akan dihasilkan jumlah yang berbeda.
Konversi angka tersebut ke dosis manusia menghasilkan tingkat keamanan Habbatusauda seaman mengkonsumsi nasi.
Sedangkan jika sudah dalam bentuk sediaan thymoquinone, penggunaan thymoquinone dosis 2600 mg/hari masih aman dan tak menimbulkan efek samping maupun kerusakan organ vital.
Penelitian lain pada tikus menggunakan minyak, pemberian dosis 10 ml/Kg melalui lambung tak menunjukkan gejala toksis sama sekali. Padahal ini merupakan dosis yang cukup besar. Sedangkan pemberian biji habbatussauda pada dosis 28 gram/Kg melalui lambung juga belum memberikan efek toksik kepada hewan kelinci percobaan. Hal ini tercatat dalam riset berjudul ” Toxicity Study of Baraka Black Seed Oil (Oil of Nigella Sativa)” yang dilakukan pada periode Juni 1995 sampai Februari 1996 di University of Colombo.
Tanya : Mengapa dosis yang dibutuhkan sangat banyak, hingga beberapa kapsul dalam sehari?
Jawab : Hal ini tak lain dikarenakan bentuk sediaan habbatussauda yang ada di pasaran, terutama yang serbuk atau kapsul, masih menggunakan bentuk sederhana/simplisia. Beda halnya jika sediaan tersebut diubah dalam bentuk ekstrak, maka dosis atau jumlah kapsul yang dikonsumsi akan lebih sedikit.
Tanya : Amankah bagi seorang ibu hamil mengkonsumsi Habbatussauda?
Jawab : Adalah satu review ilmiah berjudul : A Review of Medicinal Uses and Pharmacological Activities of Nigella sativa, yang dimuat di Pakistan Journal Biological Sciences tahun 2004, yang disusun oleh Anwarul Hasan Gilani, Qaiser Jabeen dan Muhammad Asad Ullah Khan dari Department Biological and Biomedical Sciences, The Aga Khan University Medical College, Karachi, Pakistan. Di dalam tulisan tersebut disebutkan bahwa Habbatussauda telah lama digunakan sebagai bahan untuk menggugurkan kandungan. Disebutkan juga bahwa penggunaan untuk menggugurkan kandungan tersebut memakai dosis yang tinggi.
Dalam satu tulisan berjudul: Review of Uses Nigella sativa : Traditional Medicine, A. Raza dkk, Faculties if Veterinary Science and Basic Science, University of Agriculture, Faisalabad, Pakistan, Int. J. Agri. Biol. Vol I. No. 3 1999 juga disebutkan : Dimana maknanya kurang lebih menyebutkan bahwa ekstrak air panas dari habbatussauda dalam dosis besar bisa menyebabkan aborsi (keguguran) pada wanita hamil. Demikian juga jika mengkonsumsi biji habbatussauda dalam dosis besar akan menyebabkan keguguran/abortus.
Dalam penelitian pada binatang tikus oleh ilmuwan India, disimpulkan dari penelitiannya tersebut bahwa ekstrak methanol dari habbatussauda dengan dosis 2 gram/Kg bb secara signifikan menimbulkan induksi foetal resorbtion pada tikus hamil setelah usia janin 14 hingga 16 post coitum. Dengan kata lain menginduksi aktivitas abortus janin. (Velmurugan R, dkk Department of Pharmacy, Annamalai University, Annamalai Nagar-608 002,India. Post Coital Antifertility Activity of Nigella sativa, Asian Journal of Chemistry , 2007)
Dengan berbekal referensi beberapa hasil penelitian di atas, seyogyanya ibu hamil tidak mengkonsumsi habbatussauda apalagi dalam dosis besar, terutama pada kehamilan trimester 1 dan trimester 2.
Dr. Insan

Artikel ini bekerja sama dengan Habbats, dengan habbatussauda yang  diimpor langsung dari Mesir, insyaAllah dijamin keasliannya. Untuk pemesanan produk dan  konsultasi  ”Ajaibnya Obat Nabi” ,  dapat menghubungi admin habbats  dengan menyebutkan pesanan produk,  nama, umur, alamat , nomor HP  yang dapat dihubungi , via sms/Telp ke : 0812 12 060306 atau kirim email ke :  [email protected]

 

produk 4Produk No 4 dan 5 : Kid Honey dan Super Honey Junior

Adalah madu pilihan buat anak yang diracik dengan minyak habbatussauda dan minyak zaitun. Selain rasanya yang enak, juga mengandung omega 3, 6, dan 9. Sangat baik untuk pertumbuhan otak, menurunkan panas badan (demam), membantu memelihara kesehatan, meningkatkan stamina anak, serta menambah nafsu makan.

Harga : 1 set, terdiri dari 2 botol Kid Honey dan 2 Botol Super Honey Junior senilai Rp 106,000,-  belum termasuk ongkos kirim.

 

369aProduk 1. Habbats Oil 369

Habbats Oil 369 adalah minyak habbatus sauda yang mengandung Omega 3, 6, dan 9. Berkhasiat untuk memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh, membantu melancarkan buang air besar. Sangat baik untuk detoksifikasi/pengeluaran racun dalam tubuh, mempercepat proses pemulihan paska operasi dan mengatasi berbagai penyakit ringan dan kronis. Habbats Oil 369 juga sangat efektif sebagai zat antitumor atau kanker.

Rp 42,000 / botol isi 60ml, jumlah minimal 2 botol/pemesanan, harga belum termasuk ongkos kirim.

 

 

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Penderita Epilepsi Menahun

Selasa, 29/10/2013 09:03

Terasa Nyeri Ketika Buang Air Seni

Minggu, 27/10/2013 11:05

Penyakit Kekentalan Darah

Sabtu, 26/10/2013 10:22

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Rabu, 23/10/2013 14:17

Thibbun Nabawi Lainnya

Trending