Kamis, 2 Rabiul Awwal 1444 H / 29 September 2022

Bolehkah Memberi Daging Kurban pada Non-Muslim?

Eramuslim – Kurban (قربن/Qurban) yang berarti dekat (Udhhiyah) atau mendekatkan (Dhahiyyah), diartikan secara harfiah, yaitu menyembelih. Keutaman hewan kurban adalah sebagai persembahan kecintaan umat Islam kepada Allah SWT dan membagikannya pada yang ber-hak.

Namun yang jadi pertanyaan, apakah daging hewan kurban boleh dibagikan pada non-Muslim?

Hal ini kerap jadi perdebatan karena dianggap sangat berkaitan dengan syariat Islam yang cukup spesifik.

Dilansir dari situs NU Online, dalam menyikapi hal tersebut ada beberapa pendapat apakah yang wajib mendapatkan daging kurban adalah Muslim saja?

لَوْ ضَحَّى عَنْ غَيْرِهِ أَوْ ارْتَدَّ فَلَا يَجُوزُ لَهُ الْأَكْلُ مِنْهَا كَمَا لَا يَجُوزُ إطْعَامُ كَافِرٍ مِنْهَا مُطْلَقًا , وَيُؤْخَذُ مِنْ ذَلِكَ امْتِنَاعُ إعْطَاءِ الْفَقِيرِ وَالْمُهْدَى إلَيْهِ مِنْهَا شَيْئًا لِلْكَافِرِ , إذْ الْقَصْدُ مِنْهَا إرْفَاقُ الْمُسْلِمِينَ بِالْأَكْلِ لِأَنَّهَا ضِيَافَةُ اللَّهِ لَهُمْ فَلَمْ يَجُزْ لَهُمْ تَمْكِينُ غَيْرِهِمْ مِنْهُ لَكِنْ فِي الْمَجْمُوعِ أَنَّ مُقْتَضَى الْمَذْهَبِ الْجَوَازُ

Apabila seseorang berkurban untuk orang lain atau ia menjadi murtad, maka ia tidak boleh memakan daging kurban tersebut sebagaimana tidak boleh memberikan makan dengan daging kurban kepada orang kafir secara mutlak. Dari sini dapat dipahami bahwa orang fakir atau orang (kaya) yang berkurban, tidak boleh memberikan sedikitpun kepada orang kafir. Sebab tujuan dari kurban adalah memberikan belas kasih kepada kaum Muslim dengan memberi makan kepada mereka, karena kurban itu sendiri adalah jamuan Allah untuk mereka. Maka tidak boleh bagi mereka memberikan kepada selain mereka. Akan tetapi menurut pendapat ketentuan Madzhab Syafi’i cenderung membolehkanya,” (Lihat Syamsuddin Ar-Ramli, Nihayatul Muhtaj ila Syarhil Minhaj, Beirut, Darul Fikr, 1404 H/1984 M, juz VIII, halaman 141).

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Bagaimana Hukum Takbiran

Selasa, 04/06/2019 17:30

Hukum Memajang Foto di Dinding

Selasa, 29/08/2017 08:00

Fiqh Kontemporer Lainnya

Trending