Selasa, 4 Jumadil Awwal 1444 H / 29 November 2022

Hukum Menggabungkan Puasa Rajab dengan Puasa Qadha

Eramuslim -PADA bulan Rajab setan-setan dilempari dan dikutuk supaya tidak mengganggu atau menggoda orang-orang saleh dan salehah. Hal itu menjadikan bulan ini istimewa bagi umat Islam.

Kemudian untuk menghargai bulan Rajab, setiap Muslim dianjurkan menjalankan amalan-amalan sunah, contohnya puasa Rajab. Hanya saja dalam pelaksanaan puasa tersebut muncul pertanyaan, bagaimana hukum menggabungkannya dengan puasa qadha atau puasa Ramadan yang terpaksa ditinggalkan tahun lalu dan hendak ditunaikan sekarang?

Menjawab pertanyaan tersebut, Wakil Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU), KH Sirril Wafa mengatakan hukumnya mubah atau boleh.

“Boleh, tapi yang diutamakan puasa qadhanya. Puasa qadha sebagai niat utama, sementara puasa sunah Rajab sebagai niat keduanya (yang mengikutinya),” ujarnya saat dihubungi Okezone, Senin (24/2).

Sementara itu Ketua Ikatan Sarajana Quran dan Hadist Ustadz Fauzan Amin menuturkan, wajib mendahulukan sesuatu yang hukumnya memang diwajibkan, misalnya melaksanakan puasa qadha atau puasa Ramadan yang sempat ditinggalkan dan hendak ditunaikan pada Rajab.

“Wajib mendahulukan perintah wajib daripada perintah sunah. Puasa qadha hukumnya wajib, dan jika tidak dilakukan dosa. Sementara puasa Rajab hukumnya sunah, jika ditinggal tidak dosa,” ucapnya kepada Okezone.

Lebih lanjut, kata dia, jika keduanya digabungkan antara puasa sunah Rajab dan puasa qadha, hukumnya sah apabila dilakukan dengan niat berpuasa secara mutlak.

“Artinya tidak disyaratkan ta’yin (menentukan jenis puasanya). Contoh berniat ‘Aku niat puasa karena Allah’ tidak perlu ditambahkan karena melakukan kesunahan puasa Rajab,” terangnya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Hukum Menutup Bejana Sepanjang Waktu

Senin, 24/02/2020 15:45

Menutup Wadah Makanan di Malam Hari

Senin, 24/02/2020 15:15

Hukum Aborsi Dalam 4 Madzhab

Jumat, 21/02/2020 14:30

Ceramah Menjelang Khutbah Jumat

Jumat, 21/02/2020 11:35

Hukum Melihat Aurat Anak Kecil

Rabu, 19/02/2020 16:30

Fiqh Kontemporer Lainnya

Trending