Kamis, 29 Zulqa'dah 1443 H / 30 Juni 2022

Mana Lebih Baik, Kurban Sapi Apa Kambing?

Eramuslim – HARI Raya Idul Adha 1441 Hijriah segera tiba. Ibadah yang paling disunahkan pada momentum ini adalah menyembelih hewan kurban, ritual yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim sebagai bentuk ketakwaan, keikhlasan dan syukur kepada Allah SWT.

Bagi yang ingin berkurban sudah bisa menyiapkan hewan ternak yang akan disembelih, bisa sapi, kerbau, kambing, atau domba. Sapi atau kerbau bisa untuk maksimal tujuh orang. Sedangkan sapi atau domba hanya untuk satu orang.

Nah, di antara hewan-hewan tersebut, mana yang paling baik untuk dikurbankan sebagaimana dilakukan Rasulullah?

Pendakwah Ustadz Khalid Basalamah mengatakan, kambing atau domba lebih afdhal disembelih untuk kurban ketimbang sapi atau unta. Kenapa?

“Karena Nabi Salallahu a’alaihi wasallam berkurban dengan kambing dan domba,” kata Ustadz Khalid dalam dakwahnya yang disiarkan melalui chanel Youtube seperti dikutip Okezone, Rabu (8/7/2020).

Nabi Muhammad memilih berkurban domba hingga puluhan ekor tiap Idul Adha. Padahal kondisi ekonomi Rasulullah sangat mampu untuk menyembelih unta. Nabi Muhammad memiliki unta-unta terbaik sebagai tunggangannya dan istri saat itu.

“Nabi Salallahu a’alaihi wasallam saat itu menyembelih domba. Beliau menyembelih 65 ekor untuk beliau sendiri,” ujarnya.

Ustadz Khalid menyebutkan domba yang disembelih Rasulullah berwarna putih dan hitam. Jadi, jika mau lebih afdhal dalam berkurban, Khalid menyarankan silakan menyembelih kambing atau domba warna putih dan hitam seperti dilakukan Nabi.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Hukum Berzikir Pakai Tasbih

Kamis, 02/07/2020 14:30

Fiqh Kontemporer Lainnya

Trending