Jum'at, 19 Zulhijjah 1442 H / 30 Juli 2021

12 Ciri Orang Munafik Menurut Agama Islam, Salah Satunya Suka Berdusta

Eramuslim.com – Ciri orang munafik menurut agama Islam kiranya perlu dipahami agar supaya kita dapat terhindar dari sifat jelek ini. Munafik merupakan salah satu sifat tercela yang sangat tidak terpuji.

Sifat munafik bukanlah sifat yang pantas dimiliki seseorang dengan latar kepercayaan apapun. Karena, sifat munafik sendiri adalah penyakit hati yang akan dapat merugikan diri sendiri serta orang lain.

Munafik memiliki arti suka menampakkan sesuatu yang sejalan dengan kebenaran di depan orang banyak, namun sebetulnya tidak sesuai dengan kondisi pada batinnya serta perbuatannya. Ciri orang munafik biasanya yaitu suka berubah-ubah karakternya. Terutama saat interaksi dengan sesama manusia, baik itu tidak sesuai antara percakapan serta perbuatan mereka.

Kita akan bisa mengetahui sosok dari pribadi kita sendiri dan juga orang lain melalui apa yang mereka katakan, yaitu antara kesesuaian yang dikatakan dengan apa yang diyakininya. Agar Anda dapat mengetahui dengan rinci, berikut ini kami telah rangkum 12 ciri orang munafik menurut agama islam, yang dilansir Dream, serta berdasarkan pada Alquran dan Hadist:

1. Suka Berdusta

Ciri orang munafik yang pertama adalah suka berdusta atau berbohong. Berdusta sendiri merupakan sifat tercela yang dibenci manusia serta agama apapun. Bahkan agama sendiri telah melarang keras jika umatnya melakukan dusta sekecil apapun.

Sesuai dengan hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, bawasannya rasulullah saw bersabda: “ Tanda orang munafik itu ada tiga, apabila ia berucap berdusta, jika membuat janji ingkar, dan jika dipercaya mengkhianati.” (HR Bukhari, Kitab Iman Bab Tanda-tanda orang munafik, No. 33 dan Muslim, Kitam Iman Bab Penjealsan Sifat-sifat orang munafik no. 59).

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4 5

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Oase Iman Lainnya

Trending