Rabu, 19 Rabiul Awwal 1443 H / 27 Oktober 2021

5 Cara Mudah Khatam Alquran dalam 30 Hari di Bulan Ramadhan

Eramuslim.com – Ramadhan adalah bulan diturunkannya Alquran, sehingga bulan suci ini menjadi waktu yang tepat untuk berinteraksi dengan Allah melalui Alquran. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak membaca dan khatam Alquran.

Dalam satu bulan, sebaiknya kita mengkhatamkan Alquran sebanyak satu kali. Hal ini diungkap oleh Ustad Adi Hidayat pada salah satu ceramah yang diunggap ke akun Youtube Akhyar.

“Nabi Muhammad setiap Ramadan minimal khatam satu kali,” ungkap Ustad Adi dikutip dari video di akun Youtube Akhyar.

Agar proses tadarus dan mengkhatamkan Alquran terasa lebih ringan, ada beberapa tips yang bisa dicoba oleh para muslim dan muslimah. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Membaca 14 Ayat Alquran Sebelum dan Sesudah Salat

Jika ingin khatam Alquran dalam 30 hari, maka kita bisa membaca Alquran 1 juz setiap hari. Agar terasa lebih mudah, kita bisa membagi bacaan menurut jumlah ayat. Misalnya saja juz pertama, terdiri dari 286 ayat dalam surat Al Fatihah dan Al Baqarah, bisa dibagi ke dalam lima waktu salat.

“Surah Alfatihah anggaplah sudah hafal di luar kepala. Kemudian 141 ayat Al Baqarah dibagi menjadi ke dalam lima waktu salat, yaitu 28 ayat setiap salat,” ungkap Ustad Adi Hidayat.

Agar terasa lebih ringan, 28 ayat dibagi lagi ke dalam dua waktu yaitu sebelum dan sesudah salat menjadi masing-masing 14 ayat. Jadi sebelum subuh kita membaca 14 ayat, dan setelah salat subuh kita membaca lagi 14 ayat. Begitu seterusnya hingga waktu Isya.

2. Membaca Alquran 5 Menit Sebelum dan Sesudah Salat

Jika tidak punya waktu yang banyak, investasikan setidaknya lima menit sebelum dan lima menit sesudah salat fardhu. Merunut dari poin sebelumnya, membaca 14 ayat Alquran diperkirakan membutuhkan tidak lebih dari lima menit saja.

Ustad Adi menganjurkan kita semua untuk menginvestasikan waktu 5-10 menit saja membaca Alquran di setiap salat agar bisa khatam Alquran. “Apa Anda tidak punya waktu 5 menit untuk akhirat?” tanya ustad Adi.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Oase Iman Lainnya

Trending