Ahad, 25 Zulqa'dah 1443 H / 26 Juni 2022

Amalan Penarik Rezeki Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadis

eramuslim.com – Amalan penarik rezeki atau pembuka pintu rezeki, banyak kita temukan di dalam Al-Qur’an maupun Hadis Nabi.

Dalam Al-Qur’an, Allah Ta’ala menegaskan dalam firman-Nya bahwa Dia adalah Zat yang Maha Pengasih dan Pemberi rezeki. Karena itu, setiap muslim hendaknya menjadikan Al-Qur’an sebagai petunjuk untuk melapangkan rezeki.

Berikut empat amalan ringan pembuka pintu rezeki menurut Al-Qur’an dilansir dari berbagai sumber, yakni:

1. Takwa dan Tawakkal

Puncak keimanan bagi seorang muslim adalah menjadi orang yang bertakwa. Takwa dalam arti meninggalkan segala larangan-Nya dan mengerjakan perintah-Nya.

Orang yang bertakwa biasanya menjadikan tawakkal (berserah diri) sebagai pakaiannya.

Takwa dan tawakkal menjadi salah satu amalan pembuka pintu rezeki sebagai firman-Nya:

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ ۚ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

“Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS At Thalaq: 3)

2. Istighfar

Manusia sebagai makhluk yang dhaif (lemah), hendaknya seseorang memperbanyak istighfar dan bertaubat dari segala dosa dan maksiat. Mereka yang bertobat dan memperbanyak kalimat istighfar ini akan mendapat jalan keluar dari kesulitannya.

Allah Ta’ala berfirman:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا . يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا . وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

“Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun- niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS Nuh: 10-12)

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Inilah Kisah Pengkhianatan Samiri

Sabtu, 23/04/2022 13:31

Oase Iman Lainnya

Trending