Senin, 3 Zulhijjah 1443 H / 4 Juli 2022

Bonus 3 Juta Di Akhir Romadhon, Mau???

ramadhanDinar Zul Akbar

Anda masih puasa sampai hari ini?. Kalo saya Alhamdulillah udah gak puasa, semenjak dari adzan Maghrib hari pertama emang udah batal, Alhamdulillah. Bergembiralah para Shoimin wa Shoimat akan kelimpahan berkah yang ada di Romadhon mubarok ini.

Bulan Romadhon adalah bulan yang terdapat berbagai macam tambahan-tambahan. Ada tambahan ibadah, taraweh misalnya. Ada tambahan makanan, kolak contohnya. Ada tambahan pemasukan, THR pastinya (adduh bahagianya yang punya THR). Dan di bulan Romadhon ini juga terdapat banyak keajaiban-keajaiban. Cuman di bulan ini biji salak bisa jadi lunak, dan dimakan pula. Dan kayaknya cuman bulan ini aja, yang rasa-rasanya adzan Maghrib terdengar lebih indah dan merdu.

Balik ke awal, gimana dah biar dapet bonus 3 juta di akhir Romadhon nanti??.

Caranya gampang benerrr, atau kalo kata anak-anak disamping rumah “gampil”.

Punya Al Quran?? Pasti dong, masa iya gak punya.

Caranya, cukup anda khatamkan Al Quran seminimal-minimalnya 1 x di bulan yang emang sering disebut syahrul Quran ini. Karna apa??

Menurut salah seorang ulama yang bernama Abu Laits as Samarqondy dalam kitabnya Bustanul ‘Arifin. Sebagaimana yang beliau rohimahullah tulis bahwa menurut perhitungan Ibnu Mas’ud rodhiyallahu ‘anhu jumlah huruf Al Quran sebanyak 322.670 huruf. Sedangkan menurut Ibnu Abbas rodhiyallahu ‘anhuma sebanyak 323.621 huruf. Nah, laen lagi sama perkataan salah seorang tabi’in yang bernama Mujahid rohimahullah 321.621 huruf. Atau hitungannya Ibrohim at Taimiy sebanyak 323.015 huruf. Dan terakhir menurut Abdul Aziz ibn Abdillah 321.200 huruf.

Apa hubungannya??

Nah, sekarang kita ingat lagi dah sama perkataan baginda Muhammad sholallahu ‘alayh wasallam yang pernah berkata :

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

Dari Abdullah ibn Mas’ud bahwa Rasulullah sholallahu ‘alayh wasallam pernah bersabda “Barang siapa yang membaca satu huruf dalam Al Quran, maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan tersebut dilipat gandakan menjadi 10 kebaikan. Tidaklah aku katakana alif lam mim itu satu huruf, melainkan alif 1 huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf”. (Hadits Hasan Shohih riwayat Imam at Tirmidziy)

Sekarang tinggal dikalikan saja dengan riwayat jumlah huruf Al Quran yang tadi udah sama-sama dibaca.

  • Ibnu Mas’ud                         322.670 x 10 = 3.226.700
  • Ibnu Abbas                            323.621 x 10 = 3.236.210
  • Mujahid                                   321.621 x 10 = 3.216.210
  • Ibrohim at Taimiy             323.015 x 10 = 3.230.150
  • Abdul Aziz ibn Abdillah  321.200x 10 = 3.212.000

Liat hasilnya??

Rata-rata pahala orang yang khatam 1 x Al Quran sebesar 3 juta-an. Dan ini menurut Syaikh Mubarokfury dalam syarhnya berkata bahwa hal ini (pelipat gandaan 10) merupakan kelipatan terkecil yang dijanjikan oleh Allah, karna Allah berfirman  

وَاَللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ

“Dan Allah melipat gandakan pahala kepada siapa saja yang dikehendakiNya”

Belum kalo dihitung pahala lainnya. Misalnya : ambil wudhu, menghadap kiblat, tadabburnya, dan lain sebagainya.

Gimana?? Lumayan kan 3 juta-nya??

Bisa tuh buat nyicil rumah di sorga nanti, Insya Allah Aamiin.

Biar lebih resep lagi, saya kutip dah beberapa ritual kaum salaf tentang interaksi mereka-mereka rohimahumullah jami’an dengan Al Quran pada bulan Romadhon. Sebagaimana yang tela dituliskan oleh al Imam an Nawawiy dalam kitabnya Fii Adab Hamalatil Quran :

  1. وروى ابن أبي داود بإسناد صحيح أن مجاهدا كان يختم القرآن في رمضان فيما بين المغرب والعشاء في كل لتلة من رمضان

Diriwayatkan dengan sanad yang shohih dari Ibnu Abi Dawud bahwa Mujahid mengkhatamkan Quran di Romadhon pada waktu pertengahan antara Maghrib dan Isya, setiap malam pada bulan Romadhon.

  1. و عن منصور قال كان علي الأزدي يختم القرآن فيما بين المغرب و العشاء كل ليلة من رمضان

Dan dari Manshur berkata bahwa Ali al Azdiy (juga) mengkhatamkan al Quran pada waktu pertengahan Maghrib dan Isya, pada tiap malam di bulan Romadhon.

  1. و عن إبراهيم ابن سعد قال كان أبي يحتبي فما يحل حبوته حتى يختم القرآن

Dari Ibrohim ibn Sa’ad berkata bahwa Ayahku duduk dan ia belum akan beranjak dari duduknya sampai ia mengkhatamkan Al Quran.

Atau tentang Imam Syafi’I yang masyhur diberitakan dan juga dikutip oleh Adz Dzahabiy bahwa beliau rohimahullah mengkhatamkan al Quran sebanyak dua kali pada bulan Romadhon.

Hadeuh,, kayaknya kalo kita membaca riwayat-riwayat diatas, rasa-rasanya sorga masih jaaaaaaaaauuuh benerrr.

Dinar Zul Akbar <[email protected]>

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Rekomendasi

Bersikap Lembut

Kamis, 14/04/2011 07:14

Regenerasi di Dunia Barat Stagnan

Kamis, 11/08/2011 06:52

Sedekah Berhutang

Senin, 04/02/2013 10:32

Inseminasi untuk Punya Anak

Kamis, 26/02/2009 15:41

Apakah Kami Perlu Akad Nikah Ulang?

Jumat, 25/05/2007 06:57

Baca Juga

Bergembirakah Kita dengan Ramadhan?

Minggu, 14/07/2013 10:22

Bulan Ramadhan Lahir kembali

Kamis, 04/07/2013 14:37

Bersegera dalam Kebaikan

Senin, 01/07/2013 06:37

Menghitung Amal Sebelum Ramadhan

Jumat, 28/06/2013 16:48

Oase Iman Lainnya

Trending